Lomba Sepeda Onthel Di Kabupaten Pamekasan Merupakan Rentetan Acara Hari Jadi Pamekasan Ke 489

PAMEKASAN|LIPUTAN4.COM – Kabupaten Pemerintah (Pemkab) Pamekasan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mengadakan lomba olahraga rekreasi sepeda tua/sepeda onthel. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan memperingati Hari Jadi Kabupaten Pamekasan yang ke-489 tahun 2019.

Kegiatan yang digelar di Area Car Free Day Monumen Arek Lancor ini dibuka untuk umum, dan diikuti oleh 4 Kabupaten yang ada di Madura dengan total hadiah 15 juta rupiah.

Ratusan peserta sangat antusias untuk mengikuti lomba sepeda tua tersebut. Lomba ini diikuti peserta perorangan putra sebanyak 78 peserta, 6 perseorangan putri dan  6 regu putra yang start dan finishnya berada di area Arek Lancor dengan menempuh jarak 18,1 KM.

Peserta dilepas secara langsung oleh Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e, dengan disaksikan jajaran Forkopimda, Sekda, pimpinan OPD, Camat dan para pengunjung acara Car Free Day.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pamekasan, Muhammad mengatakan, olahraga sepeda tua/onthel ini dikelompokkan pada jenis olahraga tradisional.

“Lomba olahraga rekreasi sepeda tua ini untuk pertama kalinya diadakan di Kabupaten Pamekasan,” katanya. Minggu (17/11/2019)

Dirinya menjelaskan, untuk tahun mendatang pihaknya tidak hanya akan mengadakan untuk level Madura saja, tapi juga tingkat Jawa Timur, namun setelah melalui proses evaluasi.

“Kegiatan ini akan dijadikan agenda tahunan, nanti kita persiapkan di masa yang akan datang tidak hanya level Madura tapi juga di level Jawa Timur,” ungkapnya.

Sementara Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya berharap acara bersepeda ini dapat membudaya bagi masyarakat karena akan sangat berpengaruh terhadap pola hidup sehat yang pada akhirnya akan berakibat pada meningkatnya tingkat kesehatan masyarakat.

“Saya ucapkan terimakasih kepada para rekan-rekan pegiat sepeda tua se Madura yang turut juga memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pamekasan ke-489. Semoga kebersamaan ini tetap terjalin dengan baik dalam wadah Kosti Madura Raya,” ujarnya.

Leave a Reply