Lapas Pamekasan Adakan Sosialisasi Mekanisme Layanan Kunjungan Tatap Muka Warga Binaan

Lapas Pamekasan Adakan Sosialisasi Mekanisme Layanan Kunjungan Tatap Muka Warga Binaan

Liputan4.com, Pamekasan – Sehubungan dengan akan dibukanya kembali layanan kunjungan secara tatap muka bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan melalui Ka. KPLP Leksono Novan, Kasi Giatja Dwi puji dan Kasubsi Bimkeswat Hendriyanto memberikan sosialisasi kepada seluruh Warga Binaan, Rabu (06/07/2022).

Pemberian sosialisasi dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar.


Adapun ketentuan dalam surat edaran yang disosialisasikan kepada Warga Binaan yaitu penyelenggaraan layanan kunjungan secara tatap muka dilaksanakan terbatas dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Pertama, pengunjung merupakan keluarga inti/Penasihat/Kuasa Hukum/Perwakilan Kedutaan Besar/Konsuler. Kedua, setiap Narapidana/Tahanan mendapatkan kesempatan menerima kunjungan 1 (satu) kali dalam seminggu pada jam kerja,”terangnya

Lebih lanjut dijelaskan lagi kepada Warga Binaan pada point ketiga, pengunjung wajib telah menerima vaksin ke tiga yang dibuktikan dengan aplikasi peduli lindungi atau sertifikat vaksin. Keempat, bagi pengunjung yang belum menerima vaksin secara lengkap, wajib menunjukan rapid/swab antigen dengan hasil negatif. Kelima, kunjungan bagi Tahanan, diberikan setelah mendapat izin dari pihak yang menahan dan wajib memenuhi syarat pada point ketiga dan keempat.

Kepala Subseksi Bimkeswat, Hendriyanto menyampaikan kepada Warga Binaan agar apa yang telah dijelaskan dapat disampaikan kepada pihak keluarga supaya dalam pelaksanaan layanan kunjungan tatap muka nantinya dapat berjalan dengan lancar dan tertib.

“Apa yang sudah disampaikan pada kegiatan sosialisasi ini kiranya dapat segera diteruskan kepada pihak keluarga melalui wartelpas, agar nantinya ketika berkunjung semua syarat yang diperlukan lengkap dan tidak terjadi kekeliruan,” ucap Hendriyanto.

Print Friendly, Pdf & Email