Lanud Sjamsuddin Noor Gelar Upacara Peringatan ke-75 Hari Bakti TNI AU

Lanud Sjamsuddin Noor Gelar Upacara Peringatan Ke-75 Hari Bakti Tni Au

Liputan4.com, Banjarbaru – Bertempat di Lapangan Amarta Lanud Sjamsudin Noor telah dilaksanakan Upacara Peringatan Ke-75 Hari Bakti TNI AU Tahun 2022. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago, diikuti oleh gabungan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanud SAM. Jumat, (29/7).

Pada kesempatan upacara tersebut, Komandan Lanud SAM membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dalam sambutannya Kepala Staf kembali mengingatkan kita semua terhadap peristiwa heroik yang mewarnai awal sejarah perjalanan TNI Angkatan Udara di kancah perjuangan bangsa Indonesia, yaitu Tujuh puluh lima tahun silam, pesawat Dakota nomor registrasi VT-CLA yang membawa bantuan obat-obatan dan alat kesehatan bagi masyarakat Indonesia, ditembak jatuh musuh, sehingga seluruh awak pesawat, para pendahulu TNI Angkatan Udara, gugur sebagai kusuma bangsa. Peristiwa heroik ini telah terpatri dalam sanubari kita sebagai bangsa Indonesia, khususnya sebagai insan dirgantara.


Lebih lanjut Kasau juga menambahkan bahwa momen gugurnya ketiga pahlawan udara tersebut mengingatkan kita, bahwa selalu ada risiko dalam pelaksanaan tugas sebagai prajurit udara, tidak boleh sekalipun, sedetik pun, ada rasa ragu, gentar, apalagi takut. Kita, prajurit udara, adalah prajurit yang lahir dan tumbuh besar bersama Negara.

Kita adalah prajurit setia yang ikhlas membaktikan jiwa dan raga bagi keluhuran Bangsa dan Negara. Kita tidak boleh lengah dan abai, karena tugas TNI AU tidak semakin ringan. Sesuai dengan tema peringatan ke-75 Hari Bakti TNI AU Tahun 2022 kali ini yaitu ”Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara yang disegani Di Kawasan”.

Upacara berlangsung dengan keadaan aman dan tertib, usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan photo bersama seluruh anggota Lanud sjamsudin Noor. (Humas AU)