PPDB KOTA MEDAN 2022

Lanal Banjarmasin Peringati HUT Ke-73 Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan

Lanal Banjarmasin Peringati Hut Ke-73 Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara Alri Divisi Iv Pertahanan Kalimantan

Liputan4.com, Banjarbaru -Bertempat di Taman Makam Pahlawan Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry Jln. Ahmad Yani KM.19 Liang Anggang Kota Banjarbaru telah dilaksanakan acara ziarah rombongan dan tabur bunga dalam rangka memperingati HUT ke-73 tahun 2022 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan atau Proklamasi Kesetiaan Provinsi Kalimantan Selatan.

Ziarah rombongan tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Dr. (HC) H. Sahbirin Noor dan sebagai ketua rombongan Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla, Selasa (17/5/22).


Peserta ziarah rombongan terdiri dari Prajurit dan PNS Lanal Banjarmasin, unsur Forkopimda Kalsel, ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta pengurus, para pejuang (Veteran) dan yang tergabung dalam KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) Se-Kalimantan Selatan.

Acara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, pembacaan naskah sejarah, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, pembacaan do’a, penghormatan terakhir kepada para arwah pahlawan dan tabur bunga.

Lanal Banjarmasin Peringati Hut Ke-73 Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara Alri Divisi Iv Pertahanan Kalimantan

Sementara itu, diwaktu yang sama juga Prajurit Lanal Banjarmasin menghadiri upacara memperingati HUT Ke-73 Tahun 2022 Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan bertempat dihalaman Balai Kota Banjarmasin yang dipimpin oleh Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina dan diikuti unsur Forkopimda Kota Banjarmasin, ASN dan LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia).

Dikesempatannya, Danlanal mengatakan dalam rangka peringatan HUT Ke-73 tahun 2022 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan pada tanggal 17 Mei 2022 ini kita telah melaksanakan acara ziarah rombongan tabur bunga dan pembacaan naskah sejarah Proklamasi kemerdekaan.

Karena dengan adanya Proklamasi tersebut untuk menyatakan kepada masyarakat dan Pemerintah Republik Indonesia bahwa gerilya Tentara ALRI DIVISI IV yang berada di Kalimantan benar-benar ada dan mempunyai kekuatan serta kemampuan untuk menyusun suatu pemerintahan hingga menjadi bagian dari NKRI.

Kepada masyarakat khususnya di Kalimantan Selatan bahwa proklamasi tersebut merupakan peristiwa penting dalam sejarah nasional Indonesia dan sebuah wujud jiwa patriot Nasionalisme dari sosok Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry yang patut dijadikan contoh suri tauladannya bagi generasi muda sebagai Pahlawan Nasional yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi keutuhan bangsa dan negara yang kita cintai ini., tutur Danlanal.

Acara diakhiri dengan penyerahan paket Sembako dan tali asih kepada para veteran dan penjaga/pengelola taman makam pahlawan. Selama pelaksanaan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk pasukan upacara dan peserta ziarah rombongan serta tabur bunga dibatasi guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 dan memutus mata rantai penyebarannya.

Selanjutnya Danlanal Banjarmasin beserta rombongan melanjutkan rangkaian kegiatan menuju Kab. Kandangan meninjau museum rakyat HSS (Hulu Sungai Selatan) sekaligus memberikan tali asih kepada pengelolanya, tinjau cagar budaya rumah perjuangan ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan, melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga di makam pahlawan pusara bakti banua sekaligus memberikan tali asih kepada penjaga dan pengelolanya. (Humas Lanal Banjarmasin)

 

Print Friendly, Pdf & Email