Lanal Banjarmasin Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

Lanal Banjarmasin Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

Liputan4.com, Banjarmasin – Bertempat di lapangan Apel Markas Komando Lanal Banjarmasin telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana Alam yang dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla dan diikuti oleh Prajurit Lanal Banjarmasin dan Personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, Kamis (18/11) pagi.

Maksud dan tujuannya adalah dalam rangka untuk mengantisipasi dan menanggulangi dengan cepat bencana alam yang sewaktu – waktu terjadi di wilayah Kalimantan Selatan serta mencegah dan mengurangi kemungkinan terjadinya korban jiwa dan kerugian material lainnya.


Dikesempatannya, Danlanal Banjarmasin mengatakan Apel Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam ini diselenggarakan terkait perkembangan situasi nasional saat ini banyak terjadi bencana alam yang menjadi perhatian kita semua akibat dampak perubahan cuaca, sehingga hal tersebut perlu kita waspadai.

Lanal Banjarmasin Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

Dampak sosial dari bencana alam ini secara langsung di rasakan oleh masyarakat, oleh karena itu Lanal Banjarmasin melakukan langkah – langkah antisipasi penanggulangan secara nyata dengan melakukan koordinasi dan bersinergi dengan instansi terkait yaitu sebagai bentuk upaya kehadiran TNI AL dilapisan masyarakat, guna menghadapi tugas – tugas ke-wilayahan, terutama dalam memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah untuk mengatasi penanggulangan bencana alam yang terjadi di Wilayah., terang Danlanal

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemeriksaan pasukan, pengecekan sarana dan prasarana yang terdiri dari alat pengapung yaitu Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB) dan Sekoci Karet serta berbagai jenis kendaraan dan peralatan pendukung lainnya.

Acara tersebut disiarkan langsung secara Video Conference (Vicon) dari Lantamal XIII Tarakan yang dipimpin oleh Wadan Lantamal XIII Tarakan Kolonel Marinir David Chandra Viasco SE., M.M dan diikuti oleh jajarannya antara lain Lanal Nunukan, Lanal Sangatta, Lanal Kotabaru Lanal Balikpapan dan Lanal Banjarmasin.

Selama pelaksanaan dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat, turut hadir Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Kalsel DR. H. Abriansyah Alam dan Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin Bpk. Fahrurraji M. Sos. (Nd/Rilis/L4)