Laksanakan Progaram Sapa Warga, Kades Sumber Jaya Bagikan Smartphone Kepada 58 RW

Tambun selatan, Liputan4.com
Minggu, 17/11/2019. Dalam Rangka menunjang terselenggaranya Program Sapa Warga, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jabar, menargetkan seluruh petugas Rukun Warga (RW) ditiap Desa dan Kelurahan yang ada di wilayah Pemprov Jabar dapat memiliki Smartphone, yang nantinya terhubung dengan langsung melalui layanan Aplikasi yang ada di smartphone tersebut.

Minggu malam, Kepala Desa Sumber jaya Matam S.pd.i, Melaksanakan Program Tersebut dengan membagikan Smartphone Kepada Seluruh Petugas RW yg ada diwilayah Desanya. Terhitung sebanyak 58 orang RW berikan Smartphone secara simbolis oleh Matam.

Pada saat acara pembagian Smartphone tersebut Matam menjelaskan jika nantinya setiap smartphone yang dipegang pengurus RW akan disematkan aplikasi Sapa Warga yang didalamnya terdapat informasi mengenai Layanan publik, Informasi dan pengaduan, Perizinan dan berbagai informasi tentang pelayanan masyarakat, yang terhubung dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

“Ini sebagai layanan publik, nanti nanti akan berisi konten tentang perizinan. Ada juga konten tentang e-samsat, ada juga tentang berita info lelang dan selanjutnya. Yang ngisi konten di Sapa Warga itu pasti ada di ranah Diskominfo,” Tegasnya.

Lebih Lanjut Matam menjelaskan, dengan diberikannya Smartphone tersebut diharapkan dapat menjadi sarana dalam melayani masyarakat, serta dapat berkomunikasi secara intens antara Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah.

“Dengan adanya Smartphone ini diharapkan Pelayanan terhadap masyarakat dapat lebih baik lagi, dan masyarakat pun dapat memberikan masukan kepada pemerintah ,dan Hal-hal lain yang positif mengenai informasi pembangunan di wilayah, mempermudah komunikasi dari atas sampai tingkat RW”. ungkap Matam.

Tarno ketua Badan Permusaywaratan Desa (BPD) Sumberjaya menegaskan mengenai besaran anggarannya yang diperuntukkan untuk pembelian Smartphone tersebut, serta spesifikasi Smartphone yang nantinya dipakai oleh para RW, menurutnya dari sekitarnya 120 juta rupiah yang diberikan oleh Pemprov Jabar untuk pengadaan Smartphone, nantinya kalau ada lebih akan digunakan untuk hal lain sesuai dengan kebutuhan Desa, teganya kepada Liputan4.com

“Nilai bantuan provinsi jabar berbentuk uang sekitar 120jt lebih, dan Arahan dari provinsi itu menjadi proritas di belikan smartphone sesuai kebutuhan ketua Rw, kalaupun ada sisa dari pembelian smartphone ,akan di berikan untuk kegiatan lain, Speknya sendiri disesuaikan, trus lebar layarnya antara 5-7 (inci), tipenya android. Nah, ponsel kompilasi itu sudah tersampaikan ke RW, jadi itu yang ada di desa digital,” paparnya. 

Liputan : Yakub

Leave a Reply