Lagi-lagi Bangunan Liar Kangkangi PAD Kota Medan, Bangunan 9 Pintu Diduga Tanpa Kantongi SIMB

  • Bagikan
Lagi-lagi Bangunan Liar Kangkangi PAD Kota Medan, Bangunan 9 Pintu Diduga Tanpa Kantongi SIMB

LIPUTAN4.COM, MEDAN – Bangunan rumah 9 pintu yang berdiri di Jalan Madio Utomo, Pasar II, Kec. Medan Perjuangan diduga juga tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Terkesan kangkangi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan. (02/11/20)

SIMB adalah Surat Izin Mendirikan Bangunan yang diterbitkan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKP2R) Kota Medan yang wajib dimiliki pemohon yang hendak mendirikan bangunan.

Izin Mendirikan Bangunan diberikan dengan tujuan penataan bangunan yang sesuai dengan rencana tata ruang kota.

Namun faktanya, tidak sedikit bangunan bermasalah di Kota Medan baik yang tidak memiliki SIMB maupun yang menyalah tidak sesuai dengan SIMB yang dimiliki.

Pantauan wartawan dilapangan, Selasa (03/11/20). Pelanggaran terhadap Perda Kota Medan tersebut diduga terjadi di Jl. Madio Utomo Kec. Medan Perjuangan karena bangunan yang didirikan yang berjumlah 9 unit diduga tidak mengantongi SIMB.

Saut samosir, Kasi Trtb Kecamatan Medan Perjuangan mengatakan, “kita sudah surati bos, tanya saja ke Trtb, kita sudah sarankan supaya di urus izinnya”, katanya kepada wartawan media ini.

“Untuk tindakan selanjutnya itu urusan trtb, Sesuai perwal no 44 thn 2018, Bangunan yg mempunyai SIMB, TIDAK PUNYA SIMB ATAU MELANGGAR SIMB pengawasanya dan penindakannya ada di Dinas TRTB dan Satpol PP”, jelas Kasi Trtb Kec. Medan Perjuangan.

Saat beberapa wartawan media ini ingin mengkonfirmasi perihal bangunan tersebut kepada pemilik, terkesan pemilik bangunan menghindar dan mengancam akan melaporkan wartawan yang meliput ke Kodim.

Dalam hal ini perlunya sikap tegas pihak terkait, seperti Satpol PP dalam pengawasan dan penindakan, sebagai aparat penegak aturan Kota Medan. Kita berharap aparat hukum segera mengusut permainan izin di Dinas TRTB, yang diduga melibatkan oknum pegawai Dinas TRTB Kota Medan.

Namun, dalam prakteknya pihak terkaitpun enggan memberikan sangsi kepada pemilik bangunan liar.

Amatan awak media di lapangan, pendirian bangunan-bangunan bermasalah di Kota Medan khususnya di Jl. Madio Utomo Kec. Medan Perjuangan masih terus berjalan tanpa hambatan.

Diduga telah terjadi kolaborasi yang apik antara pemilik bangunan dan oknum-oknum terkait di lingkungan pemerintah Kota Medan. Sehingga kecurangan dan pembobolan PAD dari sektor retribusi izin bangunan ini bisa terus berlangsung. 

Ada apa….???

(RA/L4)

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

32
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

16
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

60
0
0

Kegiatan Soft Opening Wisata Pantai Muara Indah Suak

33
1
0