Religi  

Kuota Jamaah Haji Trenggalek Tahun ini Diprediksi Sebanyak 538 Orang, Tidak Ada Batasan Usia

Liputan4.com,Trenggalek – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menandatangani kesepakatan tentang kuota haji Indonesia tahun 2023 yang bertambah menjadi 221.000. Penandatanganan kesepakatan yang dilakukan di Jeddah tersebut juga telah disetujui oleh Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah.

Dilansir dari laman resmi Kemenag. go.id kuota sebanyak 221.000 itu dibagi kedalam kategori reguler, khusus dan untuk petugas.


Menanggapi hal itu, Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Trenggalek, Agus Prayitno, mengatakan berdasarkan estimasi kuota Jawa Timur, Trenggalek mendapat kuota sebanyak 538-an jamaah.

“Itu baru prediksi, belum angka pasti. Mungkin masih bisa berubah naik maupun turun. Masih menunggu edaran resmi dari Kanwil Jawa Timur,” kata dia, Kamis (19/1/2023).

Menurutnya, kuota sebesar 221 ribu yang didapatkan Indonesia itu akan dibagi untuk seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Selanjutnya, setelah dibagi untuk seluruh Provinsi, akan kembali dibagi untuk seluruh Kota/ Kabupaten yang ada di suatu Provinsi, termasuk Kabupaten Trenggalek yang berada di wilayah Jawa Timur.

“Sekarang baru jumlah, untuk kuota pasti keberangkatan dari nomor kursi berapa sampai nomor kursi berapa belum ada, masih menunggu,” jelas Agus Prayitno.

Meskipun belum ada angka pasti berapa jumlah calon jamaah haji Trenggalek yang berangkat tahun ini, dipastikan kuota lebih banyak daripada tahun sebelumnya.

“Tahun kemarin jamaah Haji Trenggalek yang berangkat hanya 194 orang, tahun ini diprediksi sebanyak 538 orang,” imbuhnya.

Atas kondisi itu pihaknya belum berani mengumumkan siapa saja calon jamaah haji Trenggalek yang berangkat tahun ini. Kemenag Trenggalek masih menunggu edaran resmi dari pusat.

“Syarat-syaratnya maupun jadwal belum ada, kita masih menunggu. Ini memang yang ditunggu-tunggu para calon jamaah,” terang dia.

Agus menambahkan, kabar penambahan kuota serta tidak ada pembatasan usia juga membuat calon jamaah Haji itu merasa senang.