Kunjungi Lapsustik Kelas II A Pamekasan, Tim Monev Ditjenpas Apresiasi Semangat Lapsustik Raih WBK

Kunjungi Lapsustik Kelas Ii A Pamekasan, Tim Monev Ditjenpas Apresiasi Semangat Lapsustik Raih Wbk

Liputan4.com, Pamekasan– Kunjungi Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (Lapsustik) Kelas II A Pamekasan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) mengapresiasi semangat meraih WBK Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim dibawah pimpinan Kalapas Sohibur Rachman. Kamis 2/12/2021

Apresiasi tersebut diberikannya saat Tim Monev Ditjenpas Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Kementerian Hukum dan HAM RI, melakukan kunjungan Ke Lapsustik Kelas II A Pamekasan


Dalam kunjungannya Tim Monev yang dipimpin oleh Kepala Subdirektorat Perawatan Kesehatan Dasar, Penyuluhan dan Evaluasi, Pahruddin Saputra beserta 5 (Lima) anggota rombongan.

Kegiatan Monev ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi pelayanan kesehatan bagi WBP di dalam Lapas maupun yang dirujuk ke luar Lapas, sekaligus penelitian tentang realisasi penggunaan anggaran pengobatan bagi WBP apakah sudah efektif atau belum.

Selain itu juga Tim Monev mengevaluasi pelayanan makanan yang diberikan oleh Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim.

Selanjutnya Tim Monev didampingi Kalapas dan para pejabat Struktural, meninjau area sekeliling Lapas, mulai dari Dapur Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, dilanjutkan meninjau Klinik Pratama Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim dan terakhir menuju Blok Rehabilitasi yang bertempat di Blok C Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim.

Foto Ditjenpas Cek Makanan Wbp
Foto Ditjenpas Cek Makanan Wbp

Tim Monev berkomunikasi secara langsung dengan WBP untuk mendengar pendapat atau keluhan tentang pelayanan yang diberikan oleh petugas di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim dan pemenuhan hak-hak WBP.

Pada kesempatan tersebut para WBP menerangkan situasi dan kondisi di Lapas dari segi pelayanan terhadap WBP dan juga kegiatan rehabilitasi serta pembinaan keterampilan yang telah berjalan dengan sangat baik.

“Alhamdulillah untuk pelayanan makanan dan pelayanan kesehatan di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim ini sangat baik dan petugasnya juga ramah,”Ucap Bahruddin WBP Lansia

“Setiap hari petugas Klinik Pratama Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim sering mengontrol kondisi saya dan WBP lainnya yang di sedang sakit maupun WBP yang ingin berobat atau kontrol kesehatannya. “Ujar Bahruddin

Sementara itu Kepala Subdirektorat Perawatan Kesehatan Dasar, Penyuluhan dan Evaluasi, Pahruddin Saputra selaku ketua Tim sangat mengapresiasi langkah dan semangat yang dilakukan Lapsustik Kelas IIA Pamekasan untuk melakukan perubahan di berbagai sektor untuk meraih predikat WBK.

“Kami sudah melihat sendiri beberapa perubahan yang dilakukan Lapsustik Kelas IIA Pamekasan mulai dari perubahan ruang penggeledahan barang kunjungan, ruang Video Call Gratis Keluarga WBP, ruang pelayanan terpadu dan berbagai Alur dan Prosedur Layanan yang diberikan Lapsustik Pamekasan,”ungkap Pahruddin

Pahruddin juga berpesan kepada seluruh petugas agar senantiasa menjaga kondisi aman dan tertib di Lapas, lakukan deteksi dini dan penuhi kebutuhan hak hak warga binaan, apabila ditemukan fasilitas yang rusak, maka segera lakukan perbaikan.

“Laksanakan tugas dan fungsi sebagai petugas pemasyarakatan dengan penuh tanggung jawab dan berikan pelayanan yang terbaik tingkatkan kewaspadaan menjelang Natal dan tahun baru,” ujar Pahruddin Saputra.

Terakhir Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim menyampaikan terimakasih kepada Tim Monev Ditjenpas dan menyampaikan kekurangan yang ada di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim

“Terimakasih atas kunjungan bapak Pahruddin Saputra dkk, mungkin untuk kekurangan kita saat ini yaitu fasilitas untuk memasak nasi atau steamer karena kita hanya memiliki 2 (dua) buah steamer yang layak pakai sehingga kedepannya perlu adanya penambahan lagi.” Pungkas beliau.

Print Friendly, Pdf & Email