News, NTT  

Korban Banjir Bena Mulai Dipulangkan, Pemda Terus Lakukan Upaya Pemulihan

Korban Banjir Bena Mulai Dipulangkan, Pemda Terus Lakukan Upaya Pemulihan

Warga Mulai Dipulangkan, Forkompinda Berupaya Lakukan Pemulihan Pasca Banjir Di Desa Bena.

 

Liputan4.com, Soe-TTS

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) meninjau lokasi bencana banjir bandang di Dusun 4, Toinunuh Desa Bena Kecamatan Amanuban Selatan.

Pantauan media ini Senin (12/4/2021), rombongan dipimpin langsung oleh Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun, Kapolres TTS AKBP Andre Lebrian dan Dandim 1621/TTS Letkol CZI Koerniawan Pramulyo serta pimpinan OPD.

Bupati Egusem Pieter Tahun kepada wartawan di posko bencana Gereja Bet’el mengatakan seluruh pengungsi saat ini dipindahkan dari kantor desa karna berbagai pertimbangan.

Dikatakan Bupati Epy sekitar 417 jiwa yang sudah dipulangkan ke rumah per jam 13.30. Warga mulai dipulangkan karna rumah mereka hanya terendam air dan lumpur namun sudah dibersihkan.

Sedangkan 86 KK yang terdiri dari 261 jiwa masih dalam upaya untuk dikembalikan.

“Tadi malam ada 29 KK tidur di posko dari 135 KK sementara yang sudah kembali ke rumah namun kita masih tetap membantu suplai makanan dari posko.

Ketika ditanya terkait bantuan dari pihak luar,dirinya menjelaskan bahwa hingga saat ini bantuan berasal dari BNPB,BPBD Dinas Sosial dan berbagai LSM.

Bupati Epy juga mengatakan saat ini salah satu posko yang sebelumnya berada di Kantor Desa Bena sudah ditutup dan kini pengungsi dipusatkan di Gereja Bet’el Toinunuh untuk mendekatkan pelayanan kepada warga.

Hal ini dilakukan karna warga terdampak ingin lebih dekat dengan ternak dan sawah mereka dan mudah untuk dilakukan pengawasan. Selain itu juga jarak tempuh yang jauh sehingga untuk datang ke Toinunuh harus merogoh kocek ang dalam guna melihat rumah dan ternak.

“Ada keluhan dari warga terkait uang ojek sekali jalan Rp 40.000 hanya untuk sekedar menengok sawah dan ternak karna itu kita tutup posko kantor desa dan pusatkan di Gereja Bet’el Toinunuh”, Ujar Bupati Epy.

Lebih lanjut ketua DPD Partai Golkar ini mengatakan pihaknya terus berupaya memulihkan kondisi warga sebelum batas waktu Tanggap Darurat Bencana di Kabupaten TTS yang berakhir pada tanggal 17/4 mendatang.

Sementara itu Kapolres TTS AKBP Andre Lebrian pada kesempatan tersebut mengatakan pihaknya siap membantu Pemda dalam upaya pemulihan pasca banjir bandang di Desa Bena.

Dirinya juga telah menyiapkan personel untuk pembangunan kembali rumah masyarakat yang sesuai data ada 8 unit mengalami kerusakan berat.

“Kita siapkan 3 personel polisi untuk setiap rumah. Kita siap membantu pemerintah dalam upaya pemulihan kondisi pasca banjir”,ujarnya.