Koramil 421-03 Penengahan Beserta Masyarakat Gotong Royong Bongkar Rumah Adat

  • Bagikan
Koramil 421-03 Penengahan Beserta Masyarakat Gotong Royong Bongkar Rumah Adat

LIPUTAN4.com,LAMPUNG SELATAN,-Budaya Gotong royong yang dilakukan bersama Koramil 421-03 Penengahan, bersama Masyarakat Taman Baru kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel)

Koptu Riwadi anggota koramil 421-03/penengahan , beserta Ashari kepala desa ( Kades ), tokoh agama , tokoh adat, tokoh pemuda dan masyarakat Taman Baru, Saling berjibaku bahu membahu melakukan pembongkaran rumah Adat didesa tersebut, minggu 30/08/2020.

Rumah Adat Sai Batin Marga Ratu Keratuan Menangsi Pangeran Cahaya Marga, Kondisi pisik Bangunan rumah Adat desa Taman Baru nampak sangat memprihatinkan, selain lapuk termakan usia, terlihat juga dari segi bangunan tersebut rusak dan bagian bangunan yang patah, dengan kondisi itu dari pihak Koramil 421-03 Penengahan beserta Masyarakat adat marga setempat segera lakukan gotong royong pembongkaran.

Guna tetap melestarikan Ciri khas Lamban Balak Adat ( Panggung ), yang identik bangunan terbuat dari kayu, salah satu khasanah budaya rumah adat Lampung Sai Batin yang ada di Lampung Selatan , maka perlu di bangun kembali rumah Adat Marga Ratu Keratuan Menangsi dengan segala upaya swadaya masyarakat adat setempat.

Koramil 421-03 Penengahan Beserta Masyarakat Gotong Royong Bongkar Rumah Adat

Kades Taman Baru Ashari menjelaskan perlunya di bangun kembali rumah adat sai batin karena ini adalah rumah adat sai batin marga Ratu Keratuan Menangsi .

“Bangunan rumah adat ini memang sudah waktunya kita lakukan renovasi , melalui musyawarah desa dengan segenap pamong desa , para tokoh dan masyarakat, memutuskan agar rumah adat ini kita bongkar bersama – sama dengan tujuan akan kita bangun kembali , agar rumah adat ini tetap lestari dan ini semua melalui hasil swadaya masyarakat”.

Di tempat yang sama koptu riwadi juga mengungkapkan “Kegiatan gotong – royong ini melibatkan semua lapisan , karena yang kita bongkar ini merupakan rumah adat milik masyarakat desa taman baru , dan nantinya kita juga akan kita bangun bersama – sama kembali , agar rumah adat ini tetap lestari sebagai kebanggaan adat lamsel”, (ALEX).

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
Pemerintah Kabupaten Lombok Timur