Kondisi Jalinsum Sosopan Rusak Parah,Pak Gubernur Kami Tolong “Diperhatikan”

Reporter: Sayuti Pulungan Topik: Peristiwa
  • Bagikan
Kondisi Jalinsum Sosopan Rusak Parah,Pak Gubernur Kami Tolong &Quot;Diperhatikan&Quot;

 

Liputan4com. 28/11/2021.
Palas-Ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Padang Lawas (PALAS) terus mengalami kerusakan. Bahkan sejumlah titik kondisinya sangat parah.


Kerusakan itu hampir merata di jalur Jalinsum keluar masuk ke Kabupaten Palas. Pada permukaan badan jalan banyak ditemukan lobang -lobang yang menimbulkan genangan air hingga rentan terjadi kecelakaan.ruas Jalinsum Sosopan Palas.

\&Quot;\&Quot;

 

Umumnya kerusakan terdapat pada lapisan aspal yang terkelupas, kemudian menyebabkan lubang yang kian hari bertambah dalam dan melebar sehingga mengancam keselamatan pengguna jalan.
Akibatmya badan jalan yang bisa dilalui semakin sempit, arus lalu lintas menjadi terganggu apalagi di musim hujan, genangan air menyebabkan lubang jalan tertutupi sehingga kenderaan sering terperogok dan atau terjebak di jalan tersebut sehingga mengakibatkan kenderaan mengalami kerusakan atau kecelakaan bagi pengendera baik roda dua dan roda empat, warga sosopan
mengaku miris melihat buruknya akses jalan di daerahnya. Terlebih akses jalan yang ramai dilalui kenderaan. Hampir bisa dipastikan setiap pengendara yang melintas di Jalinsum Sibuhuan – Sosopan mengeluh akibat buruknya jalan yang mereka lalui.

Untuk itu, masyarakat kecamatan Sosopan berharap agar pihak Pemprv, Sumut memperhatikan akses jalinsum lintas Sosopan di Kabupaten Padang Lawas.yang menjadikan daerah tersebut menjadi terisolir. Padahal jalan Sosopan adalah merupakan salah satu akses utama keluar masuk kenderaan dari Kabupaten Tap- Sel ke Sibuhuan pada saat sebelum mekarnya Kabupaten Padang Lawas.dari Kabupaten induk yaitu Tap-Sel pada tahun 80-90 an yang lalu.

Amran Harahap, Salah satu masyarakat Kecamatan Sosopan pada saat awak media ini turun kelapangan atau lokasi jalan, jembatan dan gorong gorong yang rusak, Di Desa Siraisan kecamatan Ulu Barumun dan Desa Pagaran bira kecamatan Sosopan berharap ,\’ kata Amran, Kami didaerah kecamatan Sosopan iini sangat berharap kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar memperharikan aksas jalan kami keluar masuk, baik menuju ibu kota Kabupaten (Sibuhuan) ataupun menuju Kabupaten Padang Lawas Utara (PALUTA)\’, kataya.

Lanjut Amran Harahap, Sudah puluhan tahun kami merasakan pembangunan ruas jalan di daerah ini rusaknya sangat perah dan tak pantas lagi menurut saya ini di sebut jalan Provinsi,
.Paktanya kita lihat sendiri dan kita rasakan apabila dibandingkan Jalinsum didaerah lain, hampir tak ada lagi yang pantas disebut jalan lintas. Tapi yang pantas kubangan kerbau atau yang pantas disebut salah satunya adalah jalan kekebun. Karena baik jalan gorong gorong sudah 80% rusak berat, contohnya Gorong gorong didesa Siraisan pecah sudah tahunan, di desa Pagaran Bira Julu, genangan air di jalan bagaikan sawah, di Deaa Binanga Tolu dan Aek Bargot,\’ terang Amran.

\”lanjut \”Amran lagi,\’Lain ceritaya dengan jalan di antara Desa Ulu Aer menuju Desa Hulim, Jalinsum di antara dua desa tersebut sangat rentan longsor yang membuat ruas jalan tersebut terputus total hingga anak anak yang akan menempuh jalan tersebut untuk belajar di sekolah tingkat SMP dan SMA terpaksa mengurungkan niat untuk mengikuti belajar akibat jalan tersebut terpurus total,, namun kalaulah memang masih bisa kami untuk memperbaiki melalui swadaya masyarakat, ini akan kami lakukan agar askses lalulintas dapat dilalui, contohnya hari ini kita ada dua titik yang kami kerjakan melalui tenaga swadaya, yaitu di Desa Siraisan dan di Desa Pagaran bira julu,\’,Ujarnya.

Kami berharap kepada pemerintah agar jalinsum ini di perhatikan supanya perekonomian kami lancar terhusus, kepada bapak Gubernur Edy Rahmayadi kami manyampikan, Kami ini adalah pendukungmu 85%, kami adalah basis bapak dipilkada Sumut, tolonglah ,perhatikan\’ kami di daerah kecamatan Sosopan ini, jangan bapak biarkan kami seperti ayam kehilangan induk, kami adalah wargamu yang selalu mangharapkan bantuanmu, jangan jadikan kami disini seperti nasib anak tiri berharap kepada orang yang kurang memperdulikan nasibnya, tutupnya.

(mora )

Print Friendly, Pdf & Email
  • Bagikan