Kompetisi Askot PSSI, Dijuara Sinar Muda FC Walikota Padang Sidempuan Resmi Di Tutup

Kompetisi Askot Pssi, Dijuara Sinar Muda Fc Walikota Padang Sidempuan Resmi Di Tutup

Liputan4.com.  Padang Sidempuan
Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efedi Nasution secara resmi menutup Kompetisi Assosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang diselenggrakan di Stadion HM Nurdin, Selasa (29/3/2022).

Kompetisi ini dijuarai Sinar Muda FC setelah mengalahkan Haholongan FC lewat drama adu finalti dengan skor 4-3 (1-1). Juara ketiga diraih Bonsita FC setelah sehari sebelumnya mengalahkan Persil FC yang menempati posisi juara empat.


Menutup kompetisi ini, Wali Kota didampingi Ketua KONI Syaiful Jamil, Ketua Askot PSSI Jhon Nedi, Ketua MPC Pemuda Pancasila Fadriansyah Siregar, Kasdim 0212/TS dan Kabag Ops Polres, Kadis Pemuda Olahraga, Kadis Kominfo dan Kakan Kesbangpol.

Pantauan di lapangan, pertandingan grand final dipimpin wasit Rahmad ini dimulai pukul 15:00. Sejak awal, kedua tim saling jua beli serangan sehingga suporter tak henti-hentinya berteriak.

Menit ke-15, Fahrul Roji stiker Sinar Muda FC memanfaatkan umpan crossing dari sisi kiri dan dengan tajam menyundul bola ke gawang lawan hingga mengubah kedudukan 1-0. Skor ini bertahan hingga turun minum babak pertama.

Memasuki babak kedua, tempo permainan semakin cepat dan panas. Sampai-sampai wasit mengeluarkan satu kartu kuning untuk pemain dan satu untuk official Haholongan FC. Kemudian satu kartu kuning dan satu kartu merah untuk Sinar Muda FC.

Kedudukan menjadi imbang 1-1 setelah Reza pemain Haholongan FC sukses menjebol gawang lawan usai terjadinya kemelut di kotak finalti. Kedudukan imbang ini bertahan hingga akhir babak kedua.

Pemenang pertandingan final ini terpaksa ditentukan lewat adu finalti, karena panitia tidak memberlakukan perpanjangan waktu. “Ini hasil kesepakatan bersama panitia dan seluruh tim peserta sewaktu technical meeting kemarin,” kata Ketua Askot PSSI Jhon Nedi.

Selanjutnya kedua tim sama-sama memilih lima orang algojonya untuk menjadi eksekutor finalti. Dari lima kesempatan, Haholongan FC hanya mencetak tiga gol. Sedangkan Sinar Muda melesakkan empat gol dan menjadi juara kompetisi.

Closing ceremony berlangsung sangat meriah, diawali penyerahan hadiah ke tim terbaik, pemain terbaik dan top skor. Dilanjutkan ke Persil FC sebagai juara empat, Bonsita FC juara tiga, Haholongan FC juara dua dan Sinar Muda FC juara pertama.

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution sangat mengapresiasi kompetisi Askot PSSI yang kedua kalinya ini. Karena telah menggairahkan olahraga sepakbola dan memberi ruang serta semangat bagi pecinta klub untuk berkompetisi.

“Telah lama kompetisi tidak bergulir di kota ini. Apresiasi saya kepada pengurus Askot PSSI yang sudah dua kali (2020 dan 2022) menggelar kompetisi. Tahun lalu tidak digelar karena situasi Pandemi Covid-19,” kata Wali Kota Padang Sidempuan. (Sp)