Ketua Umum POSSI Sulsel Irwan Intje Melantik Pengurus Persatuan Olahraga Selam Selam Seluruh Indonesia Cabang Luwu Utara

Ketua Umum Possi Sulsel Irwan Intje Melantik Pengurus Persatuan Olahraga Selam Selam Seluruh Indonesia Cabang Luwu Utara

Luwu Utara — Pengurus Persatuan Olahraga Selam Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Cabang Luwu Utara resmi dilantik, Jumat (5/8) di Aula La Galigo.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum POSSI Sulsel, Irwan Intje yang disaksikan langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersama Danyonmarhanlan IV Makassar, Mayor Marinir Alex Zulkarnain.


“Kami minta dukungan seluruh pihak khususnya ibu bupati, pak danyon, pak ketua umum, dan rekan-rekan untuk amanah yang baru ini,” kata Serda Marinir Bahri Baharuddin selaku Ketua POSSI Luwu Utara yang baru dilantik.

Ia mengatakan, pihaknya akan langsung mengambil bagian dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI.

“17 Agustus nanti kami berencana akan mengibarkan bendera merah putih di Laut Munte dengan diawali parade 77 kapal nelayan. Ini sekaligus menjadi undangan untuk ibu bupati, jika berkenan turut bersama kami,” pinta Serda Bahri.

Sementara itu Bupati Luwu Utara menyampaikan apresiasi atas pelantikan pengurus POSSI.

“Atas nama pemda, kami mengucapkan selamat atas pelantikan yang langsung dilakukan oleh ketua umum POSSI Sulsel. Saya juga mengapresiasi ketua POSSI Lutra yang langsung mengambil bagian memanfaatkan event 17 Agustus sebagai anak bangsa yang merupakan tanggung jawab moril, sebagai marinir yang bertugas menjaga kedaulatan NKRI dari laut, dan sekaligus menunjukkan POSSI hadir dan eksis di Kabupaten Luwu Utara,” kata Indah saat menyampaikan sambutan.

Ia mengatakan dengan panjang garis laut Luwu Utara sekira 55 km persegi, tantangan dan potensinya luar biasa tentu menjadi ruang bagi pengurus POSSI untuk melakukan aktivitas.

“Kalau kita bicara dari berbagai aspek, banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari konservasi lingkungan dan menjaga biota laut, termasuk menjaga karang. Karena kalau karang terjaga maka ikan-ikan dan biota laut juga akan terjaga. Tentu ini akan bermanfaat untuk nelayan kita. Kemudian sebagai olahraga untuk memperkenalkan wisata bahari yang kita miliki,” terangnya.

“Terima kasih kepada pak danyon dan ketua POSSI Sulsel yang datang langsung di tengah kesibukannya yang luar biasa dalam menjaga kedaulatan laut kita di Sulsel. Ini bentuk dukungan untuk Pak Bahri dan kawan-kawan, tidak usah khawatir. Luwu Utara juga Insya Allah siap menjadi tuan rumah jika ada event level provinsi hingga nasional,” kunci bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Selaku Dewan Penasehat, Danyonmarhanlan IV Makassar, Marinir Alex Zulkarnain meminta agar menjaga nama baik Luwu Utara.

“Jaga nama baik lutra, jaga nama baik POSSI.Saya meminta pada seluruh rekan-rekan, dan ini diawali dengan menjaga nama diri masing-masing, keluarga, dan satuan. Ini sangat penting, sebab biasanya karena hanya perbuatan segelintir bisa merusak banyak orang. Saya titip kepada ketua untuk meyakinkan hal itu ke pengurus lainnya. Terima kasih juga atas dukungan ibu bupati, kalau ada yang diperlukan saya selalu siap,” kata Marinir Alex Zulkarnain.

Selaku Ketua Umum POSSI Sulsel, Irawan Ince mengatakan olahraga selam merupakan satu dari sekian yang tidak memiliki kesamaan.

“Karena sebagai penyelam kita harus berlisensi sebab penyelam punya batasan untuk masuk bawah laut. Olahraga ini ekstrem tapi keindahannya luar biasa. Dengan slogan “Jaga Laut Kami”, saya minta teman-teman untuk senantiasa menjaga, sekaligus merawat dengan menanam terumbu karang. Tak hanya itu,teman-teman POSSI juga dilibatkan jika terjadi bencana dan aksi-aksi sosial,” jelas Irawan Ince. (Rn)

Print Friendly, Pdf & Email