Ketua DPRD OKU Ir. H.Marjito Bachri Hadiri Rapat Paripurna DPRD OKU Dengan Agenda Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke 77 Tahun

Ketua Dprd Oku Ir. H.marjito Bachri Hadiri Rapat Paripurna Dprd Oku Dengan Agenda Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Ri Dalam Rangka Memperingati Hut Ri Ke 77 Tahun

Liputan4.sumatera selatan – Baturaja, Penjabat Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan H. Teddy Meilwansyah bersama Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri dan Forkopimda OKU lainnya menghadiri Rapat Paripurna DPRD OKU dengan Agenda mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022, Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD OKU. Selasa (16/08/2022).

Ketua Dprd Oku Ir. H.marjito Bachri Hadiri Rapat Paripurna Dprd Oku Dengan Agenda Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Ri Dalam Rangka Memperingati Hut Ri Ke 77 Tahun


Pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian Laporan Kinerja Lembaga – Lembaga Negara dan Pidato dalam rangka HUT Kemerdekaan RI tahun 2022.

Ketua Dprd Oku Ir. H.marjito Bachri Hadiri Rapat Paripurna Dprd Oku Dengan Agenda Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Ri Dalam Rangka Memperingati Hut Ri Ke 77 Tahun

Dalam pidatonya Presiden RI Ir.H.Joko Widodo menyampaikan beberapa hal diantaranya, diketahui sebanyak 107 negara terdampak krisis pandemi Covid – 19 dan terancam kemiskinan ekstrem serta kekurangan pangan akut dan kelaparan. Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia, semua ini harus kita hadapi dengan kehati – hatian dengan kewaspadaan, namun ditengah tantangan yang berat kita patut bersyukur Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis Global ini.

Negara kita Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid -19 dan termasuk 5 besar negara dengan vaksinasi terbanyak didunia yaitu 432 juta dosis vaksin yang telah kita suntikan, inflasi juga berhasil dikendalikan dikisaran 4,9 persen angka ini jauh dibawah inflasi ASEAN yang berada disekitar 7 persen dan jauh dibawah inflasi negara – negara maju yang berada disekitar 9 persen bahkan sampai pertengahan tahun 2022 ini APBN juga surplus Rp 106 Triliun.

Oleh karena itu Pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, Subsidi Elpiji dan Subsidi listrik sebesar 502 triliun di tahun 2022 ini agar harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi, selain itu ekonomi tumbuh positif di angka 5,44 persen pada kuartal kedua tahun 2022 ini neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut – turut dan di semester 1 tahun 2022 ini surplusnya sekitar 364 triliun, capaian tersebut patut kita syukuri karena fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik ditengah krisis ekonomi dunia yang sedang bergejolak, disatu sisi kita memang harus tetap waspada dan harus tetap hati – hati namun disisi lain agenda – agenda besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia maju.

Dalam menghadapi pandemi Covid – 19 yang melanda seluruh dunia, bangsa Indonesia telah menunjukan diri sebagai bangsa yang tangguh masyarakat dusun, masyarakat kampung saling melindungi dan saling berbagi, ulama, tokoh agama dan tokoh adat aktif mendampingi masyarakat, organisasi sosial keagamaan bergerak cepat membantu masyarakat, tenaga kesehatan, TNI dan Polri dan jajaran birokrasi saling bersinergi bersama -sama dan lembaga – lembaga negara juga mendukung Pemerintah dalam menghadapi ketidakpastian ini, kalau kita mampu mengelola pandemi dengan baik berarti artinya kita juga Insya Allah pasti mampu mengelola agenda – agenda besar lainnya dengan baik pula, inilah kekuatan pertama kita untuk membangun Negara kita Indonesia.

Kekuatan kedua yaitu Indonesia adalah negara dengan sumber alam yang melimpah wilayah yang luas dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia pasti menjadi kekuatan besar, Indonesia jika kita kelola secara bijak dan berkelanjutan syaratnya harus dihilirkan dan diindustrialisasikan didalam negeri agar nilai tambah bisa maksimal untuk kepentingan Nasional, dengan demikian hal ini akan membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Kekuatan ketiga yaitu Indonesia adalah negara yang memiliki bonus demografi jumlah penduduk yang sangat besar dan didominasi oleh anak – anak muda usia produktif serta daya beli masyarakat yang terus meningkat akan menjadi motor penggerak ekonomi Nasiona kita dalam menghadapi kompetisi Global.

Kekuatan keempat adalah kepercayaan Internasional yang meningkat tajam, dimana Indonesia diterima Ukraina sebagai jembatan perdamaian dan diterima negara – negara besar walaupun geopolitik sedang panas dan juga dipercaya PBB sebagai Champion dari Global Crisis respon group untuk penanganan krisis pangan, krisis energi maupun krisis keuangan dan tahun ini kita menjadi Presiden G20 negara ekonomi terbesar di dunia dan tahun depan kita juga menjadi ketua negara – negara ASEAN artinya kita berada dipuncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerjasama Internasional.

Sumber : Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab OKU.