Liputan 4.com – Banjarmasin.

Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr (HC) H Supian HK SH MH mengingatkan kembali mengenai pengamanan mudik lebaran tahun ini atau Idul Fitri 1442 Hijriah harus tetap memperhatikan faktor ekonomi.

Ia mengingatkan itu pada Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 di Mapolda Kalsel di Banjarmasin, Selasa (27/4).

Pada kesempatan itu, anggota DPRD Kalsel dua periode tersebut mengharapkan, agar seluruh steakholder bekerjasama untuk merealisasikan program dengan baik.

Dalam Rakor tersebut, politikus senior Partai Golkar itu menjelaskan hal yang berkaitan dengan faktor dalam pengamanan lebaran yaitu angkutan bahan pangan/sembako harus tetap jalan.

“Angkutan bahan pangan/sembako harus tetap jalan atau dapat melintas di setiap penjagaan,” pinta wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu.

“Saya juga akan koordinasikan ke masing-masing Ketua DPRD Kabupaten/Kota agar dapat bekerjasama dengan baik,” demikian Supian HK.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA menyinggung terkait pembatasan arus lalu lintas dan pelarangan mudik.

Ia berharap, para petugas yang berjaga di masing-masing penjagaan agar berlaku humanis namun tetap tegas, memberikan edukasi yang sebaik-baiknya agar tidak terjadi gesekan,

“Mengingat masyarakat Kalsel sangat agamis,” lanjut Penjabat orang nomor satu di jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) tersebut.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs Rikwanto SH, MHum menerangkan, Rakor tersebut dalam rangka upaya untuk menjaring masukan-masukan terkait penanganan yang terpadu menjelang salah satu perayaan besar tahunan kaum Muslim.

“Kita berharap penanganan atau pengamanan lebaran tahun ini di Kalsel berjalan lancar,” ujar jenderal bintang dua Kepolisian Republik Indonesia itu.(Derry.S.P).