Liputan 4.com – Amuntai.
Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr (HC) H Supian HK SH MH mendukung keinginan membangun jalan layang pada kawasan rawa monoton Danau Panggang Kecamatan Paminggir, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Dukungan tersebut saat Pimpinan dan anggota DPRD HSU konsultasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati setempat Tahun 2020 di “Rumah Banjar” (Gedung DPRD Kalsel) di Banjarmasin, Kamis (15/4) siang.

Sebelumnya dalam pertemuan itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD HSU Teddy Suryana mengatakan, bertahun tahun lalu pemerintah sudah mengalokasikan miliaran rupiah kas daerah untuk membangun jalan penghubung kecamatan Paminggir tersebut, namun tak berhasil.

“Pemerintah sudah menguruk  tanah untuk membangun jalan, namun tak kunjung jadi karena daerah rawa monoton,” kata wakil rakyat HSU dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu.

“Jalan yang membelah Danau Pangan atau kawasan rawa monoton itu selalu gagal dibangun karena kondisi lahan. Selain itu pembangunan bahu jalan baru bisa dilaksanakan ketika air surut atau saat musim kemarau,” lanjutnya.

Menurut dua, pilihan lain supaya jalan itu bisa terealisasi maka perlu pembangunan jalan layang seperti halnya Tumbang Nusa, Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Namun walau pembangunan jalan layang lebih efektif,  tetapi kas daerah HSU tidak cukup untuk membangun. Dia berharap dengan dukungan Dewan Kalsel pembangunan bisa melalui pembiayaan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat,” ujarnya.

“Dengan jembatan layang itu bisa mendorong destinasi wisata Kerbau Rawa yang hanya ditemukan di Daerah Paminggir  HSU,” lanjutnya.

Ia menambahkan, selain akan menghubungkan kecamatan dengan enam desa yang terisolir,  keberadaan jalan layang itu akan memunculakan efek ekonomi baru bagi masyarakat dan Pemerintah daerah dengan wisata Kerbaui Rawa dan Pertanian.

“Dengan jarak lebih kurang 40 kilometer jalan layang tersebut bisa pula menembuskan hubungan ke Kalteng,” demikian Teddy.

Mendengar usulan itu, Supian Hk menyatakan sependapat dan mendukung pembangunan jalan layang dari Pelabuhan Danau Panggang menuju Kecamatan Paminggir.

“Saya sangat setuju, dari dulu kita sudah berupaya supaya jalan tersebut terhubung,” kata wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten HSU, Balangan dan Kabupaten Tabalong dari Partai Golkar itu.

Ketua DPRD Kalsel dukung pembangunan jalan layang Danau Panggang
Pertemuan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dengan DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di Banjarmasin, Kamis (15/4).

“Nanti kita bicarakan dengan pihak terkait. Tentu dengan harapan jalan layang tersebut dapat terealisasi,” demikian Supian HK yang dalam pertemuan tersebut juga hadir Wakil Ketua DPRD HSU H Mawardi.(Liputan 4.com).