PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Ketua APCI Lampung Aribun Sayunis Berinovasi Budidaya Ikan Patin

Pewarta: Sri Widodo Topik: Informasi Teknologi, Lampung
  • Bagikan
Ketua APCI Lampung Aribun Sayunis Berinovasi Budidaya Ikan Patin

Liputan4 com. Palas, Lampung Selatan.

Budidaya ikan patin mengunakan karpet, sangat cocok untuk di kembangkan di kondisi saat ini apalagi di tengah kondisi pemulihan perekonomian pada masa pandemi COVID-19, ketahanan pangan terutama ikan menjadi salah satu kebutuhan penting. Terutama kebutuhan ketersediaan makan ikan baik di indonesia maupun di luar negeri.

Pengurusan Asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI), Provinsi Lampung.
Aribun Sayunis salah satu pengusaha budidaya ikan air tawar saat ini, dia mempunyai inovasi untuk mengubah cara budidaya ikan patin dengan mengunakan kolam karpet. Agar mendapatkan hasil yang baik sekaligus memberikan contoh untuk para pembudidaya ikan.

Ketua APCI Lampung Aribun Sayunis Berinovasi Budidaya Ikan Patin

Pengusaha budidaya ikan asal Desa Palas Pasemah Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan mempunyai rencana bisa mengekspor ikan patin asal lampung selatan ke arab saudi.

Maka saat ini bang haji pangilan akrapnya sedang melakukan persiapan perbaikan kolam agar bisa mendapatkan mutu agar bisa masuk ekspor ke arap saudi. Dia juga berencananya untuk merubah ratusan hektar kolam miliknya dengan cara budidaya ikan yang baik ( CBIB).

Ketua APCI Lampung Aribun Sayunis Berinovasi Budidaya Ikan Patin

” Berbagai keuntungan diperoleh dari budiday mengunakan karpet salah satunya ikan tidak akan berwarna kuning, ikan tidak berbau lumpur dan juga air limbah ikan pun bisa untuk kesuburan tanaman ” Kata Aribun saat di lokasi kolam Kamis, ( 09/09/2021).

Dengan berbudidaya ikan mengunakan karpet bertujuannya untuk memberikan motifasi kepada para pembudidaya ikan supaya bisa memenuhi permintaan infortir karna permintaan infortir ikan harus putih tidak berbau lumpur dan tidak mengunakan anti biotik.

” Ya mas pengalaman saya ikan dari palas, tidak masuk keinfortir karena ikannya berwarna kuning dan bau lumpur, maka itu saya memberi motifasi kepada para pembudidaya ikan patin untuk merubah cara berbudidaya ya itu tadi dengan mengunakan karpet” jelasnya

” dengan luas 1200 meter persegi bisa di kasih 3000 benih dan menghasilkan 25 ton ” tetangnya

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan