Kesenian Jaran Kepang Dipertunjukan Dalam Kunjungan Bupati Lutim di Kalaena

Kesenian Jaran Kepang Dipertunjukan Dalam Kunjungan Bupati Lutim Di Kalaena

Luwu Timur– Dalam Rangka Kunjungan Kerja Bupati Luwu Timur Terkait Evaluasi Program 2021 dan kick off program 2022 pemerintahan Kabupaten Luwu Timur di Kecamatan Kalaena mulai hari ini tanggal 26 sampai dengan 28 Januari 2022.

Kunjungan hari pertama Bupati Luwu Timur di Kecamatan Kalaena membuat antusias warga berdatangan di lapangan kecamatan kalaena sembari menikmati pertunjukan kesenian Kudalumping.


Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda, Tarian ini berasal dari Ponorogo. Tarian ini menggunakan kuda yang terbuat dari bambu atau bahan lainnya yang di anyam dan dipotong menyerupai bentuk kuda, dengan dihiasi rambut tiruan dari tali plastik atau sejenisnya yang di gelung atau di kepang.

Dalam kegiatan tersebut salah seorang warga mengatakan sangat terhibur dengan adanya pertunjukan kesenian Kudalumping. “Sangat terhibur dengan adanya pertunjukan kesenian ini. Tentu dengan kegiatan ini bisa melestarikan budaya”. Ungkap Niah (warga).

“Kami bersukur atas kegiatan yang dilakukan bupati berkunjung di kecamatan. karna untuk mengurus administrasi kependudukan tersedia juga, jadi ada kesempatan untuk mengurus disini tidak mesti kemalili”. Tutupnya

 

 

Print Friendly, Pdf & Email