News  

Kecamatan Masanda Tana Toraja Gelar Monitoring Evaluasi Kesiapsiagaan Penanganan Covid-19,Menyiapkan Tempat Karantina Mandiri

Kecamatan Masanda Tana Toraja Gelar Monitoring Evaluasi Kesiapsiagaan Penanganan Covid-19,Menyiapkan Tempat Karantina Mandiri

TANA TORAJA-Ketua DPRD, Kajari Makale serta Kepala Dinas Kominfo Tana Toraja hadiri Kegiatan monitoring dan evaluasi kesiapsiagaan penanganan Covid-19 di kantor kecamatan Masanda,kabupaten Tana Toraja  Sabtu(2/5/2020).

Pemerintah 8 Lembang di Kecamatan Masanda Siapkan Tempat Karantina Mandiri  Hingga kini di kecamatan Masanda kabupaten Tana Toraja saat ini belum ditemukan adanya kasus baik Orang Tanpa Gejala (OTG), serta Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun positif virus corona atau Covid-19.


Meski begitu, pemerintah di 8 lembang sekecamatan Masanda telah melakukan berbagai upaya pencegahan terhadap wabah Covid-19. Salah satunya, menyiapkan tempat karantina mandiri bagi pemudik yang kembali ke kampung halaman di wilayah Masanda.

8 lembang yang menyiapkan tempat karantina mandiri,seperti lembang Paku, Belau, Belau Utara, Sese Salu, Ponding Ao', Paliorong, Ratte dan Kadundung.

"Delapan lembang di kecamatan Masanda sudah siapkan tempat karantina mandiri bagi pemudik yang  kembali ke Masanda," ujar Camat Masanda YB Londong saat kegiatan monitoring dan evaluasi kesiapsiagaan penanganan Covid-19 di kantor kecamatan Masanda,

Dia mengatakan karantina mandiri akan diterapkan selama 14 hari bagi pemudik maupun pendatang berasal dari luar kabupaten Tana Toraja yang masuk dalam zona merah pandemi wabah virus corona. Namun itu hanya berlaku bagi pemudika atau pendatang yang kondisinya sehat.

"Setiap pemudik atau pendatang dari daerah zona merah akan dipantau. Jika yang bersangkutan terindikasi adanya gejala Covid-19, akan langsung dibawa ke rumah sakit," jelas Camat Masanda.

Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi berharap tempat karantina mandiri yang disiapkan pemerintah lembang harus layak dan manusiawi. Tempat karantina mandiri harus dilengkapi tempat tidur, MCK, listrik, air bersih, dapur serta perlengkapan memasak. (Rahmat Hidayat)

[zombify_post]