Kecamatan Cicalengka Raih Juara 2 O2SN Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Bandung

Kecamatan Cicalengka Raih Juara 2 O2Sn Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Bandung

LIPUTAN4.COM, BANDUNG – Kegiatan lomba Olahraga Olimpiade Siswa Nasional (O2SN) sekolah dasar tingkat Kabupaten Bandung telah berakhir digelar pada tanggal 04 Juni 2022. Dalam lomba tersebut kontingen O2SN Kecamatan Cicalengka berhasil cukup memuaskan berada di posisi juara ke dua tingkat Kabupaten Bandung.

Cabang olahraga yang berhasil menyumbangkan emas, diantaranya atletik putra ( Janius Rambada siswa SDN Panenjoan), bulutangkis putra ( Ananda Dia Moch. Arasy siswa SDN Cicalengka 10 ), dan tim bola voly putri.


Untuk medali perak di raih tim bola voly putra. Sedangkan medali perunggu, diantaranya dari cabang atletik putri ( Alfia Fitri siswi SDN Panenjoan), dan bulutangkis putri ( Fadya Jauhara Zahrani siswi SDIT Bina Muda).

Selain di cabang olahraga, kontingen Dinas Pendidikan Kecamatan Cicalengka juga berjaya di bidang pentas PAI. Diantaranya Juara 1 MTQ Putra ( Muhammad Baihaqqi Asshidiq siwa SDN Cicalengka 04 ), Juara 1 MTQ Putri ( Yusra Fazia Syahda siswi SDN Beor 02 ), dan Juara 1 Pidato Putra ( Muhammad Nakriz Nawawi siswa SDN Cantel).

Dengan keberhasilan tersebut, kontingen bidang pentas PAI akan secara otomatis mewakili Kabupaten Bandung di kejuaraan tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan di laksanakan di Cirebon nanti.

Keberhasilan ini tentunya sebanding dengan jerih payah para guru, pelatih, pembimbing, dan orang tua yang terus memberikan support kepada siswa.

Seperti yang di utarakan Korgus Dinas Pendidikan Cicalengka, Ane Supriat Hudiyamiharja, kepada awak media liputan4.com, pada Senin (06/06/2022). ” Saya sangat bersyukur kepada Alloh SWT dan terima kasih banyak kepada ketua kordinator Agus Juhara, ketua kontingen Agus Mulyadi, dan rengrengannya yang telah membawa para duta kecamatan Cicalengka dapat “berbicara” (juara ) di tingkat Kabupaten, ” ucapnya.

Ini merupakan hasil kerja keras para atlit, hasil binaan para pelatih, dan hasil dukungan para guru, Kepala sekolah, Korgus, orang tua, simpatisan, dan para mitra dalam bingkai kerjasama serta kebersamaan, ” tandas Ane.

Ane melanjutkan, bahkan para juara untuk pentas bidang PAI akan mewakili Kabupaten Bandung di tingkat Provinsi di Cirebon nanti. Sedangkan untuk juara di cabang olahraga masih dalam proses pengolahan, apa nanti akan ikut serta di tingkat provinsi atau tidak.

Saya berharap, ada perhatian dari Pemerintah Kecamatan dan para stakeholder di wilayah, karena tanpa dukungan mereka hal ini tentunya akan timpang. Walaupun saat ini Dinas Pendidikan kecamatan ada di bawah komando kecamatan, tetapi koordinasinya masih belum ada kesepahaman.

Diakhir pembicaraan, Ane mengingatkan bahwa harus ada kesolidan semua pihak untuk mempersiapkan generasi atlit di tahun mendatang.

” Dibutuhkan kesolidan semua pihak, baik itu di lingkungan Pendidikan maupun orang tua, untuk bahu membahu mendidik dan menyiapkan regenerasi untuk bibit bibit atlit di masa mendatang, sehingga tahun mendatang tidak kelabakan, ” pungkasnya.

Di tempat terpisah Camat Cicalengka, Cucu Hidayat, melalui sambungan telepon menyampaikan perasaan bangga atas prestasi siswa dan siswi yang telah menjadi juara ke dua di lomba O2SN tingkat Kabupaten.

” Saya sangat bersyukur dan bangga atas prestasi siswa dan siswi kontingen O2SN Kecamatan Cicalengka yang telah membawa dan mengharumkan Kecamatan Cicalengka di tingkat Kabupaten, ” kata Cucu Hidayat, Camat Cicalengka, Senin (06/06).

Selanjutnya, saya juga menyampaikan terima kasih kepada para guru, kepala sekolah, pelatih, dan para orang tua yang telah mendedikasikan semua tenaga dan pikirannya untuk keberhasilan para atlet di lomba O2SN, sehingga kontingen Cicalengka bisa menjadi juara ke dua tingkat kabupaten.

Saya berharap, kita semua jangan cepat puas atas prestasi yang sudah di raih tetapi harus terus kita tingkatkan dari tahun ke tahunnya. Dan semoga siswa siswi Kecamatan Cicalengka yang nanti mewakili Kabupaten Bandung di tingkat Provinsi bisa kembali meraih prestasi dengan menjadi juara,, aamiin.

Penulis : kuswandi

Print Friendly, Pdf & Email