Kasi Trtb : Kata Camat Jangan Asal Buat Berita, Terkait 3 Bangunan Tanpa SIMB di Medan Timur

LIPUTAN4.COM. MEDAN – Jumat, 16 Oktober 2020 lalu, awak media ini menerbitkan berita mengenai bangunan liar yang disinyalir milik keluarga salah satu anggota Dewan di Kota Medan. Kasi Trtb Kec. Medan Timur, “kata Camat Jangan asal – asal naikkan berita”

Pasal 115 ayat [1] PP 36/2005:
Berdasarkan pasal ini, pemilik rumah yang tidak memiliki IMB bisa dikenakan sanksi administratif.
Selain itu, sanksi lain yang bisa dikenakan ialah penghentian sementara bangunan rumah hingga pemilik mampu mengantongi IMB.

Awalnya, temuan langsung awak media dilapangan pada pertengahan bulan september lalu. Ditemukan bangunan rumah 2 pintu yang tidak mengantongi izin yang terletak di Jl. Pendidikan Gg. Matur, Kec. Medan Timur, Kel.Glugur Darat 1.

Bangunan 2 pintu yang hampir finishing ini terlihat tidak memasang plang IMB sebagaimana mestinya dan kemudian awak media mengkonfirmasi kepada salah satu pemilik yang saat itu kebetulan berada di lokasi.

JRS mengatakan, “ada kok izinnya, izin dari kecamatan, sudah kita urus dengan kecamatan, mereka nanti yang menerbitkan, karena ini milik keluarga Pak SS (Nama Dewan), jadi Pak SS semua yang langsung mengurus di Kantor Camat Medan Timur “, jelasnya kepada awak media saat dikonfirmasi.

Temuan selanjutnya pada Tanggal 6 Oktober 2020 saat awak media ini melintas di Jl. Pendidikan Kel. Glugur Darat 1 Kec. Medan Timur, secara tidak sengaja terlihatlah bangunan 2 lantai yang masih dalam tahap pengerjaan.

Didapatkan fakta dari Kasi Trtb, bahwa sudah pernah dikirim Undangan kepihak pemilik bangunan pada tanggal 06 Juli 2020 untuk hadir di Kec. Medan Timur pada tanggal 08 Juli 2020 dengan membawa lampiran akta tanah dan Lampiran SIMB, dan surat pendukung lainnya.

“Namun pihak pemilik bangunan tidak datang”, Kata Kasi Trtb Kec. Medan Timur.(15/10/20)

Pantauan Liputan4.com terkait bangunan tanpa SIMB yang jelas – jelas kangkangi PAD Kota Medan, yang berada di Jl. Pendidikan Gg.Matur Glugur Darat 1 Kec. Medan Timur. Sampai berita ini diterbitkan bangunan tersebut tetap berjalan tanpa ada hambatan sedikitpun.

Dalam Kurun waktu 3 bulan, terhitung dari 06 Juli 2020, Trtb tidak menyurati kembali dan tidak memberikan sanksi kepada pemilik bangunan tanpa izin tersebut. Diduga pemilik bangunan “Bermain Mata” dengan oknum-oknum terkait.

Sebelum berita ini diterbitkan, terkesan Kasi Trtb Kec. Medan Timur mengulur waktu. Media sudah mengkonfirmasi dari tanggal 7 Oktober 2020 sampai pada tanggal 15 Oktober 2020 barulah bertemu dengan Kasi Trtb dengan alasan lupa dimana berkasnya.

“Saya tidak bisa menunjukkan pertinggalnya, karna ini rahasia kedinasan”, kata Gunung ke awak media. Saat media ingin melihat lampiran pertinggal apakah benar sudah di surati si pemilik bangunan.(15/10/20)

Melalui Whatsapp Kasi Trtb Kec. Medan Timur, “Maaf bang ini jawaban kami untuk yang terakhir. Naikkan saja beritanya karena membantu pekerjaan kami juga”, ucapnya dalam keterangan tertulis. (17/10/20)

Ada apa ….. ????

(RA/L4)

Leave a Reply