x

Kapolri Tutup Pendidikan Sespimmen Polri Dikreg ke-63, Kompol Dr Muhammad Firdaus,SIK,MH Ditempatkan di Polda Metro Jaya

waktu baca 2 menit
Sabtu, 28 Okt 2023 13:39 0 831 ABDI SUMARNO

Jawa Barat, Liputan4.Com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Listyo Sigit Prabowo,M.Si bersama Panglima TNI Laksamana Jenderal Yudo Margono resmi menutup pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri Dikreg ke-32 dan Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri Dikreg ke-63 TA 2023 di Lembang, Jawa Barat, Selasa (24/10/2023).

Para serdik telah menjalani pendidikan selama lebih dari 7 bulan, terhitung mulai 14 Maret – 24 Oktober 2023.

Semula serdik Sespimti berjumlah 90 orang. Namun, selama proses pendidikan, terdapat seorang serdik atas nama Komisaris Besar Polisi (KBP) Hery Susanto meninggal dunia, sehingga jumlah keseluruhan serdik menjadi 89.

Adapun rincian 89 serdik itu masing-masing 72 dari Polri, 15 dari TNI, 1 dari Kejaksaan Agung dan 1 dari Kemenkumham.

Sementara serdik dari Sespimmen berjumlah 279 orang. Ke 279 serdik itu terdiri dari 254 Polki dan Polwan, 22 TNI dan 3 lainnya dari mancanegara.

Diketahui, Polda Sumut sendiri mengirimkan 6 Perwira Menengah (Pamen) Polri yang lulus mengikuti pendidikan Sespimmen. Mereka adalah Kompol Dr. Muhammad Firdaus, Kompol Ruzi Gusman, Kompol Rafles Langgak Putra Marpaung.

Kemudian, Kompol Poltak Yohannes Pangihutan Simbolon, Kompol Sah Udur Yogi Marito Sitinjak dan Kompol Anggun Andhika Putra.

Dari sejumlah nama-nama yang telah lulus mengikuti pendidikan, terdapat beberapa nama Pamen Polri yang sebelumnya pernah bertugas di jajaran Polda Sumut yang akan bertugas Polda yang baru, bahkan ada yang menetap di Polda tempat ia menjabat sebelumnya.

Ke-5 Pamen Polri itu adalah:

1. Kompol Dr. Muhammad Firdaus.S.I.K, MH Nama bekennya cukup dikenal di Sumatera Utara. Ia pernah menjabat Kanit Buncil Ditreskrimum Polda Sumut, lalu menjabat Kasat Reskrim Polresta Deliserdang dan dipercaya menduduki jabatan Kasat Reskrim Polrestabes Medan. Kini, ia dipromosikan bertugas di Polda Metro Jaya (PMJ).

2. Kompol Sah Udur Sitinjak. Perwira Polwan ini pernah menjabat Kapolsek Medan Helvetia dan Kasubbag Diapers Biro SDM Polda Sumut. Sekarang ia kembali ditugaskan di Polda Sumut.

3. Kompol Ruzi Gusman. Ruzi dikenal perwira polisi yang tegas dalam melaksanakan tugas. Ia pernah menjadi Kapolsek Medan Barat dan saat ini dipromosikan bertugas di Polda Kalimantan Utara (Kaltara).

4. Kompol Rafles Langgak Putra Marpaung. Eks Kasat Resnarkoba Polrestabes Medan ini dipromosikan bertugas di Polda Banten.

5. Kompol Anggun Andhika Putra. Sebelumnya Anggun menjabat Kasi STNK Ditlantas Polda Sumut dan kini ditugaskan di Polda Bali.

Status mereka untuk sementara waktu masih menjadi Pamen Polda sembari menunggu kebijakan TR dari pimpinan masing-masing Polda tempat mereka bertugas.

Sementara Kompol Poltak Yohannes Pangihutan Simbolon berbeda haluan sebagai serdik Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (Seskoad).

(Abdi)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x