PPDB KOTA MEDAN 2022

Kapal Ro Ro KMP Puteri Leanpuri Hadir di Perairan Sri Menanti – Karang Baru

Kapal Ro Ro Kmp Puteri Leanpuri Hadir Di Perairan Sri Menanti - Karang Baru

Liputan4.com, Banyuasin – Bertempat di galangan Kapal PT Mariana Bahagia Kecamatan Mariana Kabupaten Banyuasin, Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Kementerian Perhubungan Junaidi resmi meluncurkan Kapal roll on roll of (Ro Ro) KMP Puteri Leanpuri, rabu (23/2/22).

KMP Puteri Leanpuri yang di mulai pembuatannya tiga tahun yang lalu dengan tipe 150 GT (Gross Ton) double-ended/ujung-ganda yaitu ; memiliki dua kemudi yang terdapat di bagian depan dan bagian belakang. Dua kemudi ini dapat ditukar sehingga kapal feri ini dapat berlayar bolak-balik tanpa harus memutar.


Kapal Ro Ro Kmp Puteri Leanpuri Hadir Di Perairan Sri Menanti - Karang Baru

Dalam wawancara dengan awak media Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Kementerian Perhubungan Junaidi mengatakan, kapal ini akan digunakan untuk lintasan Sri Menanti – Karang Baru dan tentu kapal ini harus kita klining dulu serta shiptrial (uji coba) pelayaran untuk mendapatkan performance nya sebelum kapal dioperasikan di dalam lintasan Sri menanti – Karang Baru”, katanya.

Dengan peluncuran KMP Puteri Leanpuri untuk memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan pada umumnya. Kapasitas kapal mampu mengangkut 10 unit kendaraan roda empat campuran, jika kendaraan truk hanya mampu enam unit untuk orang 120 orang.

Direktur produksi PT Mariana Bahagia Darwin Kuswanto dalam wawancara dengan awak media mengatakan, biaya produksi kapal ini sebesar 22 milyar dengan panjang kapal 32 meter dan lebar 9 meter Kapasitas kapal mampu mengangkut 8 unit kendaraan roda empat campuran, jika kendaraan truk besar hanya empat unit untuk orang 120 orang”, ujarnya.

Kenapa dinamakan KMP Puteri Leanpuri kembali Junaidi mengatakan, merupakan gabungan suku yang ada di Sumsel dan Lampung yaitu Lematang, Ogan, Way Umpu, dan Komering. Karena kapal ini dioperasionalkan di sini maka namanya pas itu”, tutupnya.

Print Friendly, Pdf & Email