Kakorlantas Mabes Polri Akan Berlakukan Penyekatan dan Larangan Mudik Dipelabuhan Bakauheni

  • Bagikan
Kakorlantas Mabes Polri Akan Berlakukan Penyekatan dan Larangan Mudik Dipelabuhan Bakauheni

LIPUTAN4.com, LAMPUNG SELATAN,- Kedatangan Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Drs Istiono M.Si. dan Dirut Jasa Raharja Budi Setyarto , di dermaga Ekskutif Pelabuhan Bakauheni Lampung, dalam rangka kunjungan kerja peninjauan kesiapan Pos Terpadu Ops Ketupat Krakatau dan dukungan terhadap ketentuan larangan Mudik Tahun 2021, Kamis (22/04/2021).

Dalam kegiatan penyambutan Kakorlantas Mabes Polri dan Dirut Jasa Raharja tersebut turut dihadiri langsung oleh, Dirlantas Polda Lampung, Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik, Kapolres Lampung Selatan, AKBP. Zaky Alkazar Nasution, S.IK,
3.General Meneger ASDP Bakauheni Lampung Selatan, Capt Solikhin, Kadis Perhubungan Lampung Selatan
Mulyadi Saleh,  Kabag Ops Polres Lampung Selatan, Kompol Oscar Eka Putra, Kasat Intelkam Polres Lampung Selatan,
AKP Andi Yunara SH, MH, Ka KSKP, AKP Ferdiansah, Danramil 03 Penengahan, Kapten Inf Rudy Teguh, Kasat Pol PP Lampung Selatan, Heri Bastian, Kasat Lantas Polres Lampung Selatan, AKP Edwin WD Putra.

Kasat Lantas Polres Lampung Selatan, AKP Edwin WD, dalam paparannya menyampaikan Data pos Chek penyekatan di wilayah Hukum Polres Lampung Selatan antara lain,

1. Akan melaksanakan penyekatan dimasing-masing titik, bersama dengan satgas Covid-19, Dishub dan TNI,

2. Melaksanakan penyekatan setiap kendaraan yang akan melewati titik penyekatan.

3. Memastikan adanya surat rapit dan perlengkapan dan surat bekerja, surat rujukan dokter yang sakit.

4. Memutarkan balikan kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan.

Hal yang sama Kapolres Lampung Selatan, AKBP. Zaky Alkazar Nasution, S.IK, juga melakukan penyekatan chek poin antara lain,

Kakorlantas Mabes Polri Akan Berlakukan Penyekatan dan Larangan Mudik Dipelabuhan Bakauheni

1. Chek poin Jalinteng exit Toll Hatta dengan Jumlah personil 60 personil gabungan Polri, TNI, Dishub dan Pol PP.
Dengan melakukan Pengecekan pada kendaraan yang tidak memenuhi syarat, maka akan dilakukan putar balik arah pada kendaraan tersebut.

2. Chek poin penyekatan Gerbang Toll Bakauheni Selatan dengan jumlah personil 60 personil gabungan Polri, TNI, Dishub dan Pol PP. Pengecekan kendaraan yang tidak memenuhi syarat, akan dilakukan putar balik arah pada kendaraan.

3. Chek poin jalintim Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Pelabuhan BBJ merupakan pelabuhan logistik tujuan
Bojo Negara dan Cilegon Timur dengan keterlibatan personil 61 personil. Tahun sebelumnya, banyak penumpang ikut kendaraan logistik, untuk penghindaran pemeriksaan petugas.

4. Chek poin penyekatan Bakauheni di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan dengan keterlibatan 132 personil. Ini merupakan pintu terakhir masuknya kendaraan ke pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

Penyekatan tahun kemarin masih banyak bus-bus yang beroperasi, pada saat penyekatan dan bus putar balik para penumpang di turunkan di depan pintu masuk Pelabuhan, sehingga terjadi penumpukan penumpang. Mohon ijin, Jenderal untuk memberikan penekanan wilayah- wilayah lain untuk melakukan penyekatan serupa, sehingga tidak ada bus yang mengaku penumpang.

Dalam kesempatan itu Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Drs Istiono M.Si,  menyampaikan, Persiapan titik perbatasan, kita belajar dari tahun lalu, kira-kira apa yang menjadi kelemahan kita.

“Mempersilahkan warga yang ingin melakukan mudik sebelum tanggal 6 Mei 2021, namun ada penentuan persyaratannya. Tanggal 6-17 Mei 2021, melarang masyarakat melakukan mudik”, Tegasnya.

“PT ASDP, untuk sementara menghentikan penjualan tiket penyeberangan pada tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, Untuk itu, perlunya dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar masyarakat lebih tahu bahwa tidak melayani penyeberangan. Kecuali ada ijin khusus agar diperbolehkan, dan Kepolisian agar memberikan sosialisasi terkait lokasi-lokasi penyekatan yang akan dilakukan nantinya untuk menghalau pemudik”, Lanjut Istiono.

“Selusihinya apabila ada bus yang bahwa penumpang, agar penumpang dikembalikan kembali ke asal terminal sebelumnya. Koordinasi dengan Dishub Lampung Selatan”, Tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
Selamat Hari Raya Idul Fitri