PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Kades Mandalawangi, Nanang : Bangun Infrastruktur Desa dengan Sistem Padat Karya Tunai

Pewarta: Kuswandi Alias akuy Topik: Jawa Barat, Pemerintahan
  • Bagikan
Kades Mandalawangi, Nanang : Bangun Infrastruktur Desa dengan Sistem Padat Karya Tunai

LIPUTAN4.COM, BANDUNG – Kepala Desa Mandalawangi, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Nanang, bangun infrastruktur di desa Mandalawangi dengan melibatkan masyarakat setempat melalui program padat karya tunai (PKT). Program ini dalam rangka mempercepat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat, Rabu (18/08/2021).

Menurut Nanang, sistem PKT dapat meningkatkan daya tahan ekonomi masyarakat desa, perekonomian desa, pendapatan masyarakat desa, dan mengurangi pengangguran.

“Jika yang dilibatkan dalam sistem PKT adalah masyarakat sekitar yang tidak mempunyai penghasilan tetap, maka terjadi peredaran uang di lingkungan tersebut, sehingga masyarakat mempunyai pendapatan, hal ini secara langsung bisa meningkatkan daya beli di masyarakat, ” kata Nanang, kepada awak media liputan4.com di kantor Desa Mandalawangi, Senin (18/08).

Nanang melanjutkan, masyarakat di wilayah desa mandalawangi sudah sering terlibat PKT, sehingga pembangunan berjalan efektif, efisien, dan masyarakat merasa memiliki.

“ Yang menjadi tujuan kami, bagaimana dana yang turun ke desa bisa dirasakan juga oleh sebagian besar warga masyarakat desa mandalawangi, bukan hanya dinikmati segelintir orang atau kelompok, ” tandasnya.

Nanang menjelaskan, Pemdes Mandalawangi di masa pandemi covid-19 saat ini melaksanakan pembangunan infrastruktur berupa pembangunan rabat beton jalan gang sepanjang 300 meter dan TPT. ” Semua kegiatan yang didanai dari anggaran Pemerintah Pusat itu kita laksanakan dengan melibatkan masyarakat sekitar. Hal ini agar pemanfaatan dana desa tersentuh dan dapat di nikmati langsung masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : kuswandi

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan