"MARI SIAPKAN JIWA RAGA UNTUK MENJEMPUT KEAGUNGAN LAILATUL QADAR DAN KITA SEMUA MENJADI PILIHANNYA UNTUK MENDAPATI RAHMAT DAN MAGFIRAH-NYA DAN KEMBALI MENJADI HAMBA YANG DIKASIHI. MARHABAN YA RAMADHAN.""JIKA HATI SEPUTIH AWAN, JANGAN BIARKAN IA MENDUNG. JIKA HATI SEINDAH BULAN, HIASI DENGAN SENYUMAN. MARHABAN YA RAMADHAN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA."

Kades : BUMDes Siap Tangani Penyaluran BPNT, Untuk Menggerakkan  Ekonomi Masyarakat Desa.

  • Bagikan
Kades : BUMDes Siap Tangani Penyaluran BPNT, Untuk Menggerakkan  Ekonomi Masyarakat Desa.

Liputan4.com – Lombok Timur – Polemik penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai(BPNT) Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) terus menuai protes dari berbagai kalangan. Karena penyaluran BPNT tersebut dinilai tidak mematuhi  Pedoman Umum(Pedum). Seperti ketika agen dikoordinir oleh penyalur, sementara dalam Pedum sudah jelas mengatakan agen tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

Melihat carut marutnya penyaluran BPNT di Lombok Timur, beberapa waktu lalu DPRD Lombok Timur, melakukan hearing dengan Dinas Sosial dan BRI Cabang Lombok Timur untuk membahas hal tersebut, ndan dari hasil pertemuan itu, DPRD Lombok Timur, merencanakan penyaluran BPNT dan bantuan yang lainnya disalurkan lewat Badan Usaha Milik Desa(BUMDes).

Kades : BUMDes Siap Tangani Penyaluran BPNT, Untuk Menggerakkan  Ekonomi Masyarakat Desa.
Foto : Muksin,S.Sos.i (Kades Darmasari )

Menanggapi rencana DPRD yang akan menyalurkan BPNT lewat BUMDes itu, beberapa Kepala Desa di Kabupaten Lombok Timur, menyambut baik wacana penyaluran BPNT melalui BUMDes, karena menurut mereka hal itu akan berdampak lebih nyata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kepala Desa Loyok Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur M.Rosidi,S.sos.i  menyambut baik rencana tersebut, karena dengan demikian apa yang menjadi hajatan Bupati Lombok Timur H.Sukiman Azmy akan bisa terwujud untuk membuat BUMDes setara dengan Ritel Modern yang saat ini dianggap tidak menguntungkan masyarakat.

“Kami berharap rencana penyaluran BPNT melalui BUMDes itu benar-benar bisa diwujudkan, karena kalau itu terjadi maka BUMDes kami InsyaAllah bisa seperti Ritel Modern. Dan potensi yang ada didesa kami bisa terakomodir. Didesa kami ada pedagang beras,peternak ayam petelur dan pedaging,pedagang sayur dan lainnya. Jadi kalau BPNT ini diserahkan ke BUMDes maka potensi ini bisa kita angkat, artinya semua isi dari paket BPNT itu berasal dari Desa ini sendiri, sehingga kalau ada keuntungan maka akan berputar dimasyarakat kami disini,” Ungkapnya panjang lebar.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Desa Darmasari Muksin,S.sos.i yang mengaku mampu untuk menyalurkan BPNT berapapun besar nilainya, karena BUMDes Desa Darmasari saat ini menurutnya memiliki modal Rp.600 juta lebih.

“BUMDes Kami siap untuk menjadi penyalur BPNT dan bantuan social lainya, karena kami didukung modal yang cukup untuk mengelola bantuan itu. Saya kira rencana penyaluran BPNT melaui BUMDes sangat tepat, daripada keuntungan jatuh pada perorangan lebih baik keuntungan diberikan ke BUMDes. Dari keuntungan itu BUMDes akan dapat mengembangkan usahanya, yang tentu akan dinikmati oleh masyarakat secara keseluruhan,” Terang Muksin.

Menurut Beberapa Kepala Desa yang ditemui Media ini, pada prinsipnya menyambut baik rencana penyaluran BPNT diserahkan ke BUMDes dikarenakan pihak Desa bisa mengangkat unit usaha masyarakat yang ada di Desa masing-masing. Mereka meyakini memiliki masyarakat yang berpropesi sebagai pedagang beras, peternak ayam, petani sayuran dan lainnya.(Bul)

 

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Kel. Hj.Rampeani Rachman Gelar Bukber Dan Malam Pisah Bersama Kepala UPBU Timika Syamsuddin Soleman

27
0
0

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

45
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

22
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

71
0
0