KABAR GEMBIRA untuk masyarakat Desa Dukuh kecamatan watulimo kabupaten trenggalek

KABAR GEMBIRA UNTUK WARGA DESA DUKUH KECAMATAN WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK

Realisasi progam PTSL (pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) 2020
Bagi masyarakat Desa Desa Dukuh kecamatan watulimo kabupaten, segeralah kesekretariat POKMAS PTSL untuk mendaftar progam PTSL
Mau Ikut Program Sertifikat…
Mau Ikut Program Sertifikat Tanah Gratis dari Pemerintah?
Baca ya sampai selesai ini Syarat dan Caranya untuk ikut progam PTSL
Sebelum ikutan PTSL (pendaftaran Tanah sistematis Lengkap) yang lebih terkenal dimasyarakat dengan program sertifikat tanah secara masal sertipikat gratis dari pemerintah, sebaiknya ketahui dulu syarat dan caranya berikut ini.
Progam sertifikat tanah masal PTSL tidak sepenuhnya gratis ada beberapa hal yang harus dibayar oleh pemohon sertipikat, Yang diatur sesuai SKB 3 MENTERI
KEPUTUSAN BERSAMA MENTERI AGRARIA DAN TATA RUANG/KEPALA BADAN PERTANAHAN NASIONAL, MENTERI DALAM NEGERI,MENTERI DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI NOMOR:25/SKB/v/2017
NOMOR:590-3167A TAHUN 2017
NOMOR:34 TAHUN 2017 tentang pembiayaan PTSL.

Memiliki sertifikat tanah adalah sebuah keharusan bagi setiap pemilik lahan. Dengan surat satu ini, kamu bisa memiliki kejelasan status hukum, dan terhindar dari sengketa tanah yang bisa terjadi di masa depan. Tentu kamu gak mau kan aset berharga yang kamu miliki tersebut diklaim orang lain di masa depan hanya karena kamu gak punya sertifikat aslinya?

Jadi, buat kamu yang belum membuat sertifikat tanah, gak ada alasan lagi untuk menunda-nunda. Apalagi jika alasannya karena terkendala dana. Sebab sejak tahun 2017, Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah membuat program bernama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).walupun Program ini disubsidi oleh negara,ada biayanya yang harus ditanggung oleh pemohon sehingga tidak gratis sepenuhnya untuk masyarakat.
Mau tau seperti apa syarat dan caranya?mohon dibaca selengkapnya ulasan dari kami.

Syarat mengajukan sertifikat tanah gratis melalui PTSL
Syarat 1.pastikan kamu masuk ke dalam desa yang ikut mendapat progam PTSL
Walaupun disebut “gratis untuk masyarakat”, perlu diingat bahwa ada biaya beberapa hal yang harus dibayar oleh pemohon untuk mendapatkan sertifikat gratis lewat program PTSL. Beberapa hal di antaranya adalah patok,materai,yang harus dibayar sendiri oleh warga, karena panitia hanya menyediakan rata-rata 6 materai atau 4 patok, selebihnya bila ada kekurangan masyarakat yang melengkapinya sendiri, karena tiap desa mempunyai kebijakan sendiri jadi antara desa satu dengan yang lain tidak sama. Tapi semua biaya pendaftaran tanah sistematis lengkap sudah diatur sesuai SKB 3 MENTRI

Untuk kamu yang belum termasuk desa yang mendapat progam PTSL,kamu bisa mengajukan secara mandiri atau dengan bantuan PPAT.

Syarat syarat untuk ikut progam PTSL Siapkan dokumen-dokumen berikut ini

1. Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

2. Surat tanah, bisa berupa Letter C, Akta Jual-Beli, Akta Hibah, atau Berita Acara Kesaksian

3. Tanda batas tanah yang terpasang dan sudah disetujui pemilik tanah yang berbatasan (tetangga kanan-kiri, depan-belakang)

4. Bukti setor Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Penghasilan (PPh)

5. Surat Permohonan atau Surat Pernyataan Peserta

Tata cara mengurus sertifikat tanah gratis melalui program PTSL:

1. Penyuluhan/sosialisasi
Untuk program PTSL, terdapat basecamp yang berisi satuan petugas BPN di wilayah desa atau kelurahan. Nantinya, petugas BPN akan melakukan penyuluhan dan sosialisasi mengenai sertifikasi tanah ini kepada seluruh peserta PTSL di daerah tersebut.

2. Pendataan
Pada tahap ini, petugas akan menanyakan riwayat kepemilikan tanah, seperti pemilik sebelumnya, dasar kepemilikan (apakah merupakan hibah, warisan, atau jual beli), dan riwayat pajak (BPHTB dan PPh).

3. Pengukuran
Petugas akan mengukur dan meneliti batas-batas kepemilikan lahan. Pada tahap ini, pemohon harus dapat menunjukkan letak, bentuk bidang, luas tanah, serta batas bidang tanah. Selain itu, pengukuran lahan juga memerlukan persetujuan dari pemilik tanah yang berbatasan.

4. Sidang panitia
Petugas akan meneliti data yuridis serta melakukan pemeriksaan lapangan. Selain itu, petugas yang terdiri dari tiga orang anggota BPN dan satu orang petugas juga akan mencatat sanggahan, kesimpulan, dan meminta keterangan tambahan.

5. Pengumuman dan pengesahan
Selama 14 hari, pengumuman persetujuan pengajuan sertifikat tanah akan ditempel di kantor desa, kelurahan, atau kantor pertanahan setempat. Pengumuman tersebut berisi daftar nama, luas, letak tanah, peta bidang tanah, serta informasi lainnya.

6. Penerbitan sertifikat
Di tahap ini, pemohon akan menerima sertifikat.
Sertifikat tanah dibagikan oleh petugas BPN dan diserahkan langsung kepada pemohon.
Program strategis nasional yang dicanangkan oleh pemerintah pusat yaitu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum atas hak tanah yang dimiliki.

Latar belakang dari program ini karena Pemerintah masih menemukan banyak tanah di Indonesia yang belum belum mempunyai kekuatan hukum tetap atau tidak memiliki sertipikat.
sertiflpikat tanah merupakan hal yang wajib dipunyai masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum dan membuktikan Hak milik dari kepemilikan tanahnya yang dimiliki dengan mempunyai sertifikat tanah.

Warga Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek bisa bernafas lega, pasalnya program PTSL sudah disosialisasikan kepada mereka dan juga diproses atau dijalankan sebagai mana arahan dari BPN Trenggalek.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Trenggalek, pemerintah kecamatan watulimo juga kepada Pak Kepala Desa Dukuh bapak mulyani, Karena progam sertipikat tanah ini sangat kami nanti nantikan dan berguna sekali bagi kami,” ungkap ibu supini warga Dukuh.

“Bikin sertipikat dengan cara sendiri atau reguler mandiri pastilah prosesnya Lama dan sangat mahal bisa mencapai jutaan, tapibmelalui program ini pembuatannya murah, cepat terima kasih saya ucapkan kepada perangkat desa dan panitia POkmas sudah memperhatikan masyarakat yang masih belum bersertipikat ,” imbuhnya.

Sertipikat Tanah mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat, tanah dianggap sesuatu yang sakral karena dengan mempunyai sertifikat tanah bisa disebut sebagai simbol sosial yang memilikinya, dan keabsahan/pengakuan hukum dari pemerintah untuk tanah kita.
bila masyarakat mempunyai Hak tanah atau sertipikat hak milik tersebut, maka masyarakat sudah mendapat pengakuan hukum yang syah dari Pemerintah kalau tanah yang dimilikinya sudah disertipikatkan secara sah.

Bapak Mulyani Kepala Desa Dukuh menuturkan kepada wartawan Liputan4 kalau progam PTSL ini sangat dinanti nantikan oleh masyarat desa Dukuh
Program PTSL ini saya harapkan bisa berjalan dengan baik lancar dan sukses di desa kami, dan masyarakat dapat mengikuti sesuai petunjuk, sosialisasi kepada masyarakat sangatlah penting, ini juga salah satu bentuk tugas kami untuk melayani warga masyarakat desa Dukuh

Bapak Puguh BPN menjelaskan bahwa dari BPN ditahun 2020 ini Badan pertanahan Nasional Kabupaten trenggalek merealisasikan Progam PTSL
Untuk awal tahun 2020 ini di kecamatan watulimo desa yang mendapatkan progam PTSL (pendaftaran Tanah sistematis Lengkap) di 9 desa dikecamatan watulimo salah satunya adalah Desa Dukuh desa yang termasuk desa yang padat penduduknya Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek PTSL didesa dukuh diharapkan bisa sukses 100% untuk menampung pemohon sertifikat diprogam PTSL didusun dukuh.

Bapak Mulyani selaku kepala kepala desa dukuh menghimbau agar masyarakat segera mendaftar progam PTSL, sehingga masyarakat bisa mendapat sertipikat, karena kalau sudah jadi sertipikat pastilah roda perekonomian masyarakat secara otomatis bisa terangkat, karena kalau mau membesarkan usaha pastilah pihak investor melihat lokasi tanah sekitarnya, atau bila membutuhkan modal pihak bank pasti membutuhkan jaminan yaitu sertipikat, jadi diharapkan progam ini bisa sukses 100 % memenuhi kuota dari BPN 2785 sertifikat untuk desa dukuh.

Kepala desa Dukuh Bapak Mulyani menuturkan banyak usaha kecil dan usaha perkebunan didesa dukuh, seperti buah durian dan lain lain.
Banyak juga Potensi yang terdapat didesa dukuh, yaitu Potensi keindahan alam yang masih Alami yaitu Banyu Nget di desa dukuh kecamatan watulimo kabupaten trenggalek, panorama wisata Banyu nget selalu menghipnotis dan menjadi daya tarik Ribuan Wisatawan, Kawasan wisata alam Banyu Nget di Trenggalek, Jawa Timur.
Pesona destinasi wisata alam yang Terkenal yaitu Banyu Nget yang berada tepat di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengundang dan memukau banyak wisatawan lokal dan asing untuk mengunjungi destinasi wisata alam Banyu nget
Setelah dikembangkan dan diresmikan beberapa tahun lalu, luar biasa pengunjung kawasan wisata Banyu nget ini mengalami peningkatan Yang sangat bagus dari ratusan, menjadi ribuan orang pengunjung dalam sebulan apalagi waktu liburan tiba, pengunjung semakin membludak.
“Setelah di-launching branding canopy di Banyu Nget ini, minat pengunjung untuk datang berkunjung meningkat pesat. Sebelumnya kisaran antara 400-500 pengunjung setiap bulan.
Setelah dikembangkan dan diresmikan, kini bisa mencapai kisaran 2.000 hingga 4.000 pengunjung setiap bulannya,”
“Bahkan pada bulan bulan tertentu seperti liburan tahun baru tercatat sekitar 8.000-an pengunjung,” kata warga kata petugas pengelola banyu nget
Salah satu lokasi yang banyak diminati para pengunjung adalah untuk berfoto maupun selfie, yakni papan pandang di kawasan yang terlihat alami dan indah adalah wisata Banyu Nget, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur,
Wisata alam yang bertempat di Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek ini diresmikan beberapa tahun lalu, setelah diresmikan makin diminati oleh para pengunjung dari berbagai daerah dijawa timur, bahkan ada juga pengunjung dari luar jawa.
“Konsep indah, alami yang ditawarkan adalah wisata alami, edukasi, yang sangat menyenangkan dan penuh tantangan,”
Panorama wisata alam Banyu Nget ini menawarkan banyak kenyamanan dan keindahan dan suasana alam yang beda, yang pasti berkesan seperti dialam bagi para pengunjung.
Untuk biaya masuk kawasan wisata
sangat terjangkau.
biaya masuk lokasi wisata alam banyu nget ini sangat terjangkau untuk kalangan muda atau pelajar tidak merogoh kocek terlalu dalam.
Pas perut laper orang setelah menikmati wisata alam banyu nget ini, pengunjung bisa segera sepuasnya menghabiskan waktu di dalam lokasi wisata alam Banyu Nget yang sejuk bersih nan indah, cocok untuk anak muda yang suka petualangan yang sangat menantang dan pastilah berkesan bila berkunjung kebanyu nget.
Destinasi wisata ini memiliki tempat parkir yang luas hingga jalur menuju lokasi yang bersih dan tertata, sehingga pengunjung lebih merasa nyaman dan mudah untuk menyusuri kawasan hutan dan menikmati udara yang masih sangat segar dan sejuk. Sehingga badan akan kembali fresh kembali
Wisatawan bisa memacu andrenalin dengan bersepeda di udara di kawasan wisata alam Banyu Nget di Trenggalek, Jawa Timur.
Sebelum tiba di pos pertama, terlebih dahulu pengunjung menyeberangi sungai dengan memanfaatkan fasilitas jembatan gantung.
Jembatan gantung ini diberi nama jembatan Kangen, yang konon apabila sekali melintasi jembatan ini bakal terus teringat dengan sensasi akan goyangan jembatan gantung ini.
“Tempat parkir yang cukup luas, jalur jalan setapaknya rapi dan kawasannya sangat bersih, suasana alam yang masih sangat alami, sehingga wisatawan sekeluarga akan dibuat semakin betah disini,” kata Reni salah satu pengunjung
Di dalam lokasi wisata alam banyu nget banyak sekali fasilitas yang tersedia, mulai kantin, tempat ibadah kamar mandi serta gazebo untuk melepas lelah sambil menikmati gesekan dedaunan yang tertiup angin serta gemerijik aliran sungai yang dipenuhi bebatuan.
Di kawasan wisata Banyu Nget terdapat beberapa titik lokasi khusus bagi para pengunjung yang wajib dinikmati.
Ada kolam pemandian alami yang diberi nama Banyu Nget, beberapa air terjun, serta kawasan bumi perkemahan yang menarik.
Banyak pengunjung yang melintasi jembatan gantung kawasan wisata Banyu Nget, Trenggalek, Jatim yang diberi nama jembatan Kangen.
“Banyak sekali yang dapat kami nikmati. Fasilitas alam sangat lengkap, yang paling saya suka adalah air terjun. Selain bisa mandi, kamu bisa menikmati suguhan alam yang jarang ditemui di kota besar,” dan bisa menghilang stres karena kesibukan yang sangat padat karena tuntutan pekerjaan sehari hari tutur dewi salah satu pengunjung banyu nget

Di ujung perjalanan, pengunjung disuguhkan dengan sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter dan kedalaman mencapai 3 meter yang airnya jernih dan segar.
Pemandangan Air terjun ini merupakan puncak dari semua titik pemandangan yang ada didalam kawasan wisata alam Banyu Nget.
Jangan lupa kalau berkunjung ketrenggalek, berkunjunglah kedesa dukuh kekecamatan watulimo kabupaten trenggalek-jawa timur

Rif Liputan4 (liputan PTSL jawa timur)

Leave a Reply