"MARI SIAPKAN JIWA RAGA UNTUK MENJEMPUT KEAGUNGAN LAILATUL QADAR DAN KITA SEMUA MENJADI PILIHANNYA UNTUK MENDAPATI RAHMAT DAN MAGFIRAH-NYA DAN KEMBALI MENJADI HAMBA YANG DIKASIHI. MARHABAN YA RAMADHAN.""JIKA HATI SEPUTIH AWAN, JANGAN BIARKAN IA MENDUNG. JIKA HATI SEINDAH BULAN, HIASI DENGAN SENYUMAN. MARHABAN YA RAMADHAN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA."

Jelang Hari Besar Keagamaan, Gubernur : Minta Antisipasi Stok Bahan Pokok Agar Tidak Langka

  • Bagikan
Jelang Hari Besar Keagamaan, Gubernur : Minta Antisipasi Stok Bahan Pokok Agar Tidak Langka

Liputan4.com,Kalteng- Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, menghadiri Rapat Koordinasi dalam Rangka Stabilisasi Harga dan Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M di Kalteng, bertempat di Hotel Aquarius Botique, Lantai III, Rabu (07/04/2021).

Dalam sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang dibacakan Sekda Fahrizal Fitri, diungkapkan, “Seperti yang kita ketahui, tidak berapa lama lagi kita akan memasuki hari besar keagamaan nasional, di mana pada minggu depan kita telah masuk bulan puasa selama 1 bulan dan selanjutnya akan memasuki peringatan Hari Raya Idul Fitri dan tentu berkenaan dengan datangnya Hari Besar Keagamaan ini selalu diiringi dengan terjadinya peningkatan permintaan terhadap beberapa komoditas bahan kebutuhan pokok tertentu dan hal ini merupakan hal yang sering terjadi dan terulang, di mana variasi makanan yang dikonsumsi masyarakat semakin beragam, sehingga terjadi peningkatan permintaan bahan kebutuhan pokok tersebut. Sehubungan dengan itu, maka saya minta agar Dinas/Instansi terkait dapat mengantisipasi terhadap stok ataupun ketersediaannya agar tidak terjadi kelangkaan, di mana kelangkaan pasokan bahan pokok tersebut akan berdampak terhadap fluktuasi atau naiknya harga.”

Ditambahkan pula, bila terjadi kenaikan harga bahan kebutuhan pokok, sangat berdampak kepada daya beli masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu yang semakin tertekan dengan kenaikan berbagai bahan kebutuhan pokok tersebut, apalagi situasi seperti saat ini berada di tengah pandemi Covid-19 yang tentu juga mengganggu perekonomian secara umum.

“Pada kesempatan ini, saya juga minta kepada Kepala Dinas/Instansi terkait, baik lingkup Provinsi maupun Kabupaten/Kota, agar selalu berkoordinasi untuk menjaga kecukupan stok bahan kebutuhan pokok dan yang perlu diperhatikan adalah bagaimana keamanan dan kelancaran arus distribusi barang di tengah pandemi Covid-19, mengingat bahan kebutuhan pokok di Kalteng sebagian besar dipasok dari luar daerah/Provinsi tetangga. Menyikapi hal ini, perlu dilakukan antisipasi terhadap setiap datangnya Hari Besar Keagamaan, terutama pada masa pandemi Covid-19, sulitnya arus lalu lintas dan gangguan akses jalan karena pengiriman barang terhalang oleh tes kesehatan yang harus dilakukan oleh supir atau pengangkut logistik yang akan masuk ke setiap daerah,” tegas Gubernur Sugianto Sabran.

Ke depan, Pemerintah Provinsi Kalteng mengharapkan adanya usaha-usaha mandiri berkenaan dengan kebutuhan bahan pokok dengan adanya program Food Estate, sebuah program jangka panjang Pemerintah Indonesia yang berguna untuk menjaga ketahanan pangan dalam negeri, yang tidak hanya menyediakan kebutuhan padi atau beras, tetapi akan ada juga penyediaan berkenaan dengan kombinasi di sektor peternakan, di sektor perkebunan, dan di sektor perikanan. Hal ini diharapkan sebagai bagian-bagian untuk penyediaan kebutuhan utama di lokal. Selanjutnya, apabila surplus, maka akan didistribusikan ke luar daerah dan didistribusikan secara nasional.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran juga mengingatkan, “Kita diharapkan tetap bekerja sama dengan pihak-pihak lain untuk melakukan Sidak ke pasar-pasar, untuk menjaga ekspektasi masyarakat tentang ketersediaan bahan pokok, dan yang pasti yang terpenting juga harus tetap mengedepankan protokol kesehatan, bagaimana di saat kita melakukan Sidak dan melakukan monitoring ke pasar-pasar, di mana area-area itu area berkumpulnya masyarakat yang begitu besar, tentu ini memiliki potensi berkenaan dengan penyebaran Covid-19.

Selanjutnya, melalui Rapat Koordinasi ini diharapkan bisa menemukan pola-pola maupun langkah-langkah selaku tim, baik itu nanti tim pada level Provinsi maupun tim pada level Kabupaten dan juga kepada level Kecamatan dan akhirnya memastikan ketersediaan, memastikan harga, dan memastikan keamanan dari bahan pokok yang akan dikonsumsi pada Hari Besar Keagamaan.

Tampak hadir pada acara ini, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalteng, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng, Kepala Bulog Regional Kalteng, Kasubdit Indagsi Diskrimsus Polda Kalteng, Kepala Dinas Bidang Perdagangan Kabupaten se-Kalteng, serta para pelaku usaha.
(7on)

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Kel. Hj.Rampeani Rachman Gelar Bukber Dan Malam Pisah Bersama Kepala UPBU Timika Syamsuddin Soleman

27
0
0

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

45
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

22
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

71
0
0