Image

Jejak Kamera Jurnalis di Negri Indah Kepingan Surga

Samosir-Liputan4.com Sekilas jika diperhatikan foto ini terlihat seperti biasa saja, tetapi tanpa di sadari ada yang aneh tapi unik, foto ini bisa di dekskripsikan dengan bergandengan tangan sambil bersorak Calon Bupati Paslon Vantas selesai acara doa bersama di tempat Parsattian Tuan Saribu Raja, Batu Hobon, menurut bangso batak bahwa tempat ini adalah sakral. Tapi aneh tapi uniknya yang ada difoto adalah foto Ayam Jantan Putih yang tetap mengais dan mematuk makanan. Dalam Adat Batak, banyak arti ayam jago putih, salah satunya yang paling sering dijumpai pada masyarakat batak toba yaitu ayam jago putih (Manuk Mira) dipakai untuk mangupa-upa, artinya memberikan perlindungan atau doa untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

Adapun Adat Batak yang akan di lakukan sebelum mangupa-upai salah satunya adalah sebagai berikut:

Setelah itu inang dohot amang (orangtua) dan ompung daboru (nenek) memberikan nasihat-nasihat satu persatu dimulai dengan amang (ayah), inang (ibu) dan ompung boru (nenek). Adapun nasihat dan doa yang diberikan oleh amang (ayah) sebagai berikut: “on mamanuk mira na diondoshon hami tu ho anak nami, attor jaggar ma ho songon par jaggar nimanuk mira on. Manang didia peho mangaranto, asa dijouma rejekimu, songon parbagakni barimbing ni manuk mira on. Asa torangma sasude dalan na diluluanmu ho di pangarantoan songon parbagakni buluni manuk mira on. Dipadaoma sude segala panahit songon partogapni manuk mira on sai tercapaima sasude na dicita-citahon ho, attor suksesma disegala bidang di hangoluanmu mulai sadari on sampe saur ma tua”. Yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah: “inilah ayam mira yang kami tujukan untuk kamu anak kami, tegarlah kamu seperti ayam mira ini, kemanapun kamu pergi supaya murah rejeki seperti jengger ayam mira ini. Teranglah semua jalan yang kamu lalui di perantauan seperti indahnya corak bulu ayam mira ini. Semoga kamu dijauhkan dari segala penyakit dan kebal dari penyakit seperti kekarnya ayam mira ini. Semoga tercapai semua atas apa yang kamu cita-citakan selama ini, dan sukses di segala bidang dikehidupanmu kelak mulai sekarang sampai tua nanti”. Dari nasihat yang diberikan oleh sang ayah (amang) kepada anaknya maka dapat di simpulkan bahwa pemberian manuk mira itu adalah suatu lambang dari doa-doa sang ayah kepada anaknya, seperti jengger.

Tempat Parsattian Oppu Tuan Saribu Raja,Batu Hobon Sianjur Mula-Mula SamosirNah… jika dikaitkan dengan tempat wisata yang dikunjungi oleh paslon Vantas (4/9/20) Raja yang diyakini pada tempat wisata ini telah mangupa-upai Paslon Vantas ini. Cerita ini menurut para penatua tua adat yang terlibat dalam kegiatan acara pemberangkatan paslon vantas sebelum pendaftaran ke KPUD Samosir pada tanggal 5/9/20.

[zombify_post]

Leave a Reply