News, NTT  

Jean – Yusuf Berdamai, Fransiska : Biarkan Jadi Pelajaran Iman Dan Karakter

Jean - Yusuf Berdamai, Fransiska : Biarkan Jadi Pelajaran Iman Dan Karakter

Soe.Liputan4.Com

Kasus dugaan penganiyaan yang dilakukan oleh anggota DPRD TTS Jean Neonufa dengan korban Yusuf Nggeong berakhir damai di Polres TTS.
Ini setelah Jean Neonufa bertemu dan minta maaf secara langsung kepada korban Yusuf Nggeong yang disaksikan oleh Polisi Rabu 6/5/2020.
Kedua pihak bersepakat untuk damai dan kasus berakhir dengan penarikan berkas.


Usai pertemuan tersebut,salah satu putri korban yakni Fransiska Nggeong mengatakan terlapor sudah
melakukan beberapa tindakan yakni :

1.Meminta  minta maaf secara langsung kepada korban dengan cara berlutut didepan korban,  disaksikan polisi dan  media cetak maupun online.
2.Terlapor sudah akui bahwa telah melakukan pemukulan dua kali dibagian pipi kiri dan kepala korban. Kami hanya ingin mengakui perbuatannya. Cukup keadilan untuk kami jgn dia bilang tunjuk2 saja. Ini sdh jelas bahwa dia memukul.
3. Terlapor berjanji untuk menjamin keamanan korban dan  tidak ada ancaman dari pihak manapun.
4. Terlapor memberitakan ke media bahwa korban tidak meminta dan menerima denda dalam bentuk apapun.

"Kami menghargai adat istiadat yg ada di Timor tapi kami tidak mau orang berpikir bahwa harga diri kami ada pada isi tempat sirih. Kami ikhlas memberi maaf bukan karna ada ancaman ataupun paksaan dari siapapun", Ujar Siska.

Menurutnya dengan ada kesepakatan damai,terlapor bebas dari jeratan hukum karena pihaknya  menarik BAP namun  secara sosial  masyarakat yang akan menilai sikap dan  karakternya.
"Kami damai karna korban tidak mau menyimpan dendam pada terlapor,tandasnya lagi.

Lebih lanjut Dosen IAKN Kupang ini mengatakan semoga ini menjadi pelajaran untuk terlapor  kedepan dengan  tidak melakukan  sikap yang tidak terpuji.

Pelajaran dari segi iman maupun karakter, apalagi anggota dewan harus menunjukan sikap yang bernilai positif kepada masyarakat.
"Beliau  sebagai public figur harus menunjukan sikap yg bernilai positif dan jangan memakai profesi untuk merendahkan org lain.Intinya semoga ini kasus yang pertama dan terakhir untuk pak Jean"Harap Siska.

Sementara itu Jean Neonufa ketika dikonfirmasi melalui telepon mengatakan sudah ada kesepakatan damai yang artinya persoalan dengan Yusuf Nggeong sudah selasai.

Menurut mantan ketua DPRD TTS ini melalui persoalan tersebut, dirinya bisa mengoreksi diri serta mengambil hikmah untuk dijadikan pelajaran untuk melangkah kedepan.
"Saya sudah iklas menyampaikan permohonan maaf kepada korban dan sudah berdamai.
Sudah selesai dan biar jadi pelajaran untuk saya melangkah",Ujar Jean.(S80)

[zombify_post]