Jalan Longsor Desa Satui Barat Sudah Masuk Program Jalan APBN 2023

Jalan Longsor Desa Satui Barat Sudah Masuk Program Jalan Apbn 2023

Jalan Longsor Desa Satui Barat Sudah Masuk Program Jalan Apbn 2023

TANAH BUMBU – LIPUTAN 4.COM. Program untuk penanganan jalan di wilayah Kalimantan Selatan, termasuk ruas jalan provinsi (nasional) di Desa Satui Barat yang longsor telah masuk dalam APBN tahun anggaran 2023.


Data ini diungkap oleh anggota DPR RI dari Fraksi PPP Syaifullah Tamliha, Rabu (28/09/22).

“Terkait dengan jalan longsor di Desa Satui Barat, Satui, Kabupaten Tanah Bumbu itu sudah dianggarkan dalam APBN tahun anggaran 2023. Anggarannya sudah diketuk sebelum saya diganti sebagai pimpinan Komisi V DPR RI,” ucap Syaifullah Tamliha.

Untuk diketahui, sebelumnya Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Fraksi PPP yang digantikan koleganya Muhammad Iqbal dalam rapat penetapan pimpinan Komisi V oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel di Senayan, Jakarta, Selasa, (13/09/22) lalu.

Dari daftar yang diperlihatkan Syaifullah Tamliha terinci ada 10 program penanganan jalan oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk tahun anggaran 2023 di Kalimantan Selatan.

Diantaranya yaitu preservasi Jalan Kampung Asam-Asam-Kintap-Sebamban-Pagatan-Batulicin.

Kemudian, preservasi Jalan Liang Anggang-Martapura-Batas Kota Rantau.

Lalu, preservasi Jalan Kandangan-Lumpangi-Batas Kabupaten Tanah Bumbu-Mentewe.

Ada lagi, preservasi Jalan Serongga-Sei Kupang-Manggalau-Kerang.

Ada lagi, pembangunan Jembatan Gantung, preservasi Jalan Mentewe-Batulicin-Serongga, preservasi Jalan Simpang Handil Bakti-Km 17 (bypass Banjarmasin)-Marabahan-Kandangan.

Berikutnya, preservasi Jalan Pantai Hambawang-Batas Kota Amuntai-Pasar Panas-Kelua-Tanjung.

Preservasi Jalan Kotabaru-Tanjung Serdang hingga duplikasi Jembatan Paringin.

Sementara itu, Komisi III DPRD Provinsi Kalsel juga bereaksi atas kerusakan jalan yang menyebabkan longsor di Desa Satui Barat, Tanah Bumbu.
“Kami sudah menggelar rapat internal Komisi III DPRD Kalsel.

“Selanjutnya, akan segera memanggil pihak-pihak terkait,” ucap Rosehan.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Kalsel ini memastikan pihaknya akan segera memanggil Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel, Dinas PUPR Kalsel, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas ESDM , Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu serta pihak perusahaan yang mengakibatkan jalan itu rusak.

“Kami ingin kerusakan jalan tersebut agar segera diperbaiki supaya masyarakat di sana tidak resah , dan juga arus lalu lintas dapat kembali lancar,” pungkas Rosehan (Liputan 4.Com).