News, Riau  

Jalan Bambu Kuning Rusak, Warga Mulai Resah

Jalan Bambu Kuning Rusak, Warga Mulai Resah

LIPUTAN4.COM,ROKAN HILIR~Akses Jalan Bambu Kuning yang ada di Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan hilir berdebu dan berlubang hingga sampai saat ini tanggal (21/8/2020).

Jika dilihat disimpang Bambu Kuning ada plang PTPN V Perkebunan Sei Meranti bahkah tertulis juga PKS Kebun Sei Meranti. Warga mulai bertanya, apakah jalan Bambu Kuning masuk dalam kategori jalan produksi bagi perkebunan Sei Meranti? jika iya tentu perawatan jalan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) setiap tahunnya pasti ada namun hal tersebut belum teralisasi dengan baik.


Tidak dipungkiri bahwa beberapa tahun yang lalu PTPN V Perkebunan Sei Meranti dalam melakukan perawatan jalan menggunakan alat berat, bahkan kepedulian terhadap lembaga pendidikan dan rumah ibadah juga berjalan dengan baik kepada warga Bambu Kuning, namun belakangan ini penerapan CSR tersebut sangat jarang dijumpai terutama perawatan jalan, wajar setiap hari warga hanya menghirup debu yang diakibatkan jalan tak kunjung membaik.

Menurut IR salah satu warga jalan Bambu Kuning mengungkapkan, “jalan yang masuk dalam perawatan Perkebunan Sei Meranti hanya Simpang Pujud dan Simpang Riset, namun yang disayangkan kenapa mobil truk pengangkut kelapa sawit yang dari luar daerah melalui jalan bambu kuning, begitu juga mobil truk bermuatan koral melalui bambu kuning, Kalau mobil dari luar daerah yang bertonase berat lewat jalan Bambu Kuning maka sudah selayaknya Sei Meranti turut andil dalam perawatan jalan tersebut,” imbuhnya. 

Selanjutnya BD yang juga selaku Ketua Rukun Tetangga (RT) mengungkapkan, “Perawatan jalan yang dilakukan Perkebunan Sei Meranti hanya jalan yang tidak beraspal dengan asumsi bahwa jalan yang sudah beraspal tidak tanggung jawab Perkebunan Sei Meranti dan PKS Sei Meranti, akan tetapi sudah tanggung jawab Pemerintah Daerah ucapnya”. 

Jika memang hal tersebut menjadi sandaran tidak memberikan perawatan jalan kampung, lalu apa kontribusi perkebunan Sei Meranti dan PKS Sei Meranti dalam hal infrastruktur kepada warga Bambu Kuning khususnya perawatan jalan tersebut? 

Yang pasti warga mendambakan sebuah arahan dan keputusan dari Lurah Bahtera Makmur Kota selaku pucuk Pimpinan, agar memberikan sebuah gagasan yang berbuah perbaikan jalan, karena dalam perharinya mencapai sepuluh truk bermuatan berat yang melintasi jalan Bambu Kuning khususnya dipagi hari dan sore hari.(Agus A)

[zombify_post]