Jaga Kondusifitas Forkopimda Jepara Gelar Rekonsiliasi Bersama Desa Ngetuk Dan Muryolobo

Jaga Kondusifitas Forkopimda Jepara Gelar Rekonsiliasi Bersama Desa Ngetuk Dan Muryolobo

Liputan4.com 02/06/2022 Jepara – Jawa Tengah Dalam rangka menciptakan serta menjaga kedamaian dan ketentraman, sebagai upaya terjaganya Kondusifitas dan stabilitas daerah di wilayah Kabupaten Jepara.

Telah berlangsung, kegiatan Rekonsiliasi Bersama Forkopimda Jepara untuk Desa Ngetuk dan Desa Muryolobo, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara. Yang berlangsung di Gedung Shima, Pemda Jepara. Kamis (2/6/2022).


Jaga Kondusifitas Forkopimda Jepara Gelar Rekonsiliasi Bersama Desa Ngetuk Dan Muryolobo

Kegiatan ini dihadiri Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang,S.E.,M.I.Pol bersama jajaran forkopimda Kabupaten Jepara, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan juga Petinggi Muryolobo serta Ngetuk.

Rekonsiliasi ini digelar yang bertujuan menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, tentram, damai dan sejahtera. Lalu memelihara kondisi damai dan harmonis dalam hubungan sosial kemasyarakatan utamanya warga Muryolobo dan Ngetuk.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Jepara menyampaikan bahwa, pada beberapa saat yang lalu sebelum kejadian pengeroyokan, dari Kepolisian sudah melakukan antisipasi. Harapan kami dari kepolisian ini merupakan kejadian yang terakhir, jangan sampai terulang kembali.

Saat ini kami sudah menangkap 2 pelaku utama dari kejadian tersebut. Dan kami akan terus berupaya untuk menangkap pelaku yang lain.

“Kami sangat berharap dengan kejadian ini, kita sepakat untuk meniadakan konflik berkelanjutan yang ada di kedua desa tersebut. Agar tercipta suasana damai dan aman di desa tersebut”, jelas Kapolres.

Sementara, Dandim 0719 Letkol Arh. Tri Yudhi Herlambang, juga menyampaikan bahwa pihak Kodim juga turut mendukung langkah-langkah yang diambil dari Polres Jepara.

Perseteruan yang sudah lama terjadi atau dendam yang selama ini harus bisa terselesaikan. Jangan sampai dendam antar dua desa tersebut berkelanjutan.

“Harapan kita, semoga para pelaku yang lain bisa segera tertangkap. Kami juga mendukung situasi wilayah yang damai dari kedua desa tersebut, imbuhnya.

Lebih lanjut, hasil dari kegiatan ini, kedua desa tersebut telah dilakukan penandatanganan berita acara kesepakatan konflik dengan hasil perlunya menjaga kerukunan dan persaudaraan serta membangun persatuan dan kesatuan di wilayah Desa Ngetuk dan Desa Muryolobo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara.

Persoalan hukum yang terjadi menjadi urusan pihak berwajib, dibangun komunikasi lintas desa dengan membentuk forum pemuda lintas desa, menghentikan kegiatan hiburan secara terbuka di wilayah Desa Ngetuk dan Desa Muryolobo dan pentingnya tokoh – tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda untuk melakukan edukasi pentingnya kerukunan dan kebersamaan.

Print Friendly, Pdf & Email