Selamat Hari Raya Idul Fitri

Ivo Sabran Sugianto Lantik Ketua TP PKK Dekranasda Kabupaten Kotawaringin Timur Secara Daring

  • Bagikan
Ivo Sabran Sugianto Lantik Ketua TP PKK Dekranasda Kabupaten Kotawaringin Timur Secara Daring

Liputan4.com,Kalteng- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) yang juga sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran resmi melantik Khairiah Halikinnor sebagai Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Kotawaringin Timur pada hari Jumat (26/2/2021) secara daring melalui konferensi video.

Pelantikan Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Kotawaringin Timur tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 01/KEP/PKK Prov./II/2021 tanggal 25 Februari 2021 dan Surat Keputusan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 07/Dekranasda-KTG/SK/II/2021 tanggal 26 Februari 2021.

Dilantiknya Khairiah Halikinnor selaku Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kotawaringin Timur merupakan rangkaian dari kegiatan pelantikan Halikinnor selaku Bupati Kotawaringin Timur oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran menjelaskan, “Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan konsekuensi logis atas dilantiknya Bupati Kotawaringin Timur.”

Ivo Sabran Sugianto Lantik Ketua TP PKK Dekranasda Kabupaten Kotawaringin Timur Secara DaringHal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan PKK dan Hasil Rakernas terakhir tentang Kelembagaan yang antara lain mengatur pengangkatan Ketua TP PKK di setiap jenjang dijabat secara fungsional oleh istri Kepala Daerah. Demikian juga jabatan Ketua Dekranasda, dalam pasal 22 Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Dekranasda, disebutkan bahwa Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota adalah istri Bupati/Wali Kota.

Pada kesempatan itu, Ivo menyampaikan ucapan selamat kepada Khairiah yang baru saja dilantik. Ivo pun mengungkapkan kepada Khairiah bahwa PKK dan Dekranasda merupakan mitra pemerintah yang harus turut mendukung dan menyukseskan berbagai program pemerintah. Berkenaan dengan TP PKK, Ivo menerangkan bahwa seluruh program kegiatan TP PKK harus diselaraskan dengan program-program pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah daerah. “Sepuluh Program Pokok PKK pada hakekatnya juga harus selaras dengan program-program pemerintah dan pemerintah daerah,” jelas Ivo Sugianto Sabran.

Ivo kemudian membeberkan beberapa program penting Pemerintah yang memerlukan dukungan dan peran serta aktif dari PKK, yaitu penanganan Covid-19 dan stunting. “Di tengah masa pandemi Covid-19, PKK juga hendaknya bisa menjadi mitra pemerintah untuk turut serta mengambil peran, kita bersama-sama memerangi Covid-19, dengan tentunya menerapkan protokol kesehatan, menerapkan 4M (memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan menghindari kerumunan). Dan, saya harapkan nantinya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotawaringin Timur juga bisa menyosialisasikan 4M ini hingga ke pelosok desa melalui kader PKK-nya,” ungkap Ivo.

“Dan, juga yang sekarang menjadi fokus dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah adalah bagaimana kita menurunkan angka stunting di Kalimantan Tengah ini. Salah satu caranya adalah tentunya dengan merevitalisasi Posyandu,” imbuh Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran.

Selanjutnya, Ivo juga mengungkapkan salah satu program Dekranasda adalah untuk membina dan mengembangkan produk kerajinan unggulan serta memberikan kesempatan berusaha dan meningkatkan sumber pendapatan para pengrajin, terlebih di masa pandemi saat ini. “Bagaimana kita recovery ekonomi, membangkitkan kembali ekonomi dari para pengrajin di Provinsi Kalimantan Tengah. Barangkali kita bisa membantu, selain karena Dekranasda ini tidak bisa memberikan bantuan melalui uang, menjembatani para pengrajin ini untuk bagaimana mereka memperoleh permodalan,” terang Ivo.

Selain itu, disampaikan pula bahwa Dekranasda Provinsi Kalteng saat ini sedang berupaya membantu para pengrajin dalam memasarkan produknya melalui platform digital e-commerce, sehingga dapat memperluas jangkauan pemasarannya bukan hanya di area Kalteng, tetapi bisa se-Indonesia bahkan pasar internasional. Dekranasda juga tengah mendorong adanya HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan juga Sertifikasi Halal bagi produk-produk para pengrajin di Kalteng. “Karena, hal itu sangat penting untuk meningkatkan value, nilai dari produk kerajinan tersebut,” tutur Ivo.

Di akhir sambutannya, Ivo Sugianto Sabran berharap Khairiah dalam mengemban amanah sebagai Ketua TP PKK dan Dekranasda Kotawaringin Timur dapat bekerja dengan penuh semangat dan kemauan untuk terus mau belajar. “Senantiasalah bekerja dengan semangat relawan, tanpa pamrih. Jangan pernah lelah untuk menimba ilmu, karena perkembangan ilmu dan teknologi pada dewasa ini menuntut kita untuk selalu menyesuaikannya,” pungkas Ivo.
(@nt/nla)

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

PUKUL IMAM MASJID SAAT SHOLAT BERJAMAAH.

0
0
0

TOL CHIKARANG DAN PELABUHAN MERAK DI TUTUP

56
3
0

Dandim 1710/Mimika Berharap Masyarakat Ikut Wujudkan Kamtibmas Sambut PON XX Papua

18
1
0

Walikota Ngamuk Dalam Mall

74
1
0
HARITA NICKEL