PPDB KOTA MEDAN 2022

Isra’ Mi’raj Sekaligus Haul Akbar Bujuk Ratoh Ghejem Panitia Gelar Sunatan Massal dan Santuni Anak Yatim

Isra' Mi'Raj Sekaligus Haul Akbar Bujuk Ratoh Ghejem Panitia Gelar Sunatan Massal Dan Santuni Anak Yatim

Pamekasan – Peringati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw sekaligus haul Akbar Bujuk Ratoh Ghejem “Aryo Minak Senoyo” 2022 Desa Proppo Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar Bakti sosial (Baksos) dengan menyantuni anak yatim, kaum Duafa dan Sunatan Masal. Kamis (24/02).

kegiatan ini bertujuan untuk membangun peradaban dan membangun generasi umat Islam mandiri dan berakhlakul karimah dan mengarahkan umat islam untuk melakukan kegiatan yang bersifat positif yang dapat menghindarkan perbuatan negatif dan perilaku menyimpang


Kegiatan ini berlangsung dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan dengan 5 M yakni memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Membatasi Mobilisasi.

Ketua Panitia K. Miftah yang merupakan keturunan dari Aryo Minak Senoyo mengatakan bahwa kegiatan tahunan setiap haul Bujuk Ratoh Ghejem “Arya Minak Senoyo” kami melaksanakan Bhakti sosial sebagai wujud peningkatan silaturrahim kepada semua masyarakat dan merupakan kelanjutan perjuangan leluhur kami Aryo Minak Senoyo yang selalu mengedepankan kemasylahatan ummat

Menurutnya, kegiatan ini untuk umum, jadi peserta sunatan masal dan santunan bagi anak yatim dan duafa bagi masyarakat Kecamatan Proppo dan sekitarnya dan ini murni aksi kemanusiaan untuk membantu dan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Selain haul kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw sebagai sarana untuk dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan dengan mempelajari makna dan hikmah yang terkandung melalui peristiwa bersejarah isra’ Mi’raj

Lebih lanjut K Miftah menjelaskan bahwa isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat islam karena pada peristiwa inilah turunnya perintah shalat lima waktu.

“Peristiwa Isra Mi’raj juga merupakan salah satu mukjizat Nabi sebagaimana mukjizat lainnya yang susah diterima akal biasa. Penerimaan mukjizat tidak murni akal, tetapi membutuhkan keimanan untuk mempercayainya,” katanya.

Disampaikan pula oleh K. Miftah, yayasan Bujuk Ratoh Ghejem dapat menjadi wadah bagi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi melalui kewirausahaan.

“Kami siap memfasilitasi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi dengan meningkatkan kewirausahaan melalui pelatihan pelatihan yang di dalamnya peran Dinas terkait,” terang nya.

Sementara Kepala Puskesmas (Kapus) Proppo Bambang Budiyono menyampaikan, dalam kegiatan Bhakti sosial yang di gelar oleh panitia haul Akbar Bujuk Ratoh Ghejem menerjunkan 15 personil tenaga kesehatan.

“Semua tenaga medis kami terjunkan dari Puskesmas Proppo dan semua logistik dan perobatan,” kata Kapus Bambang.

Selain itu kami bekerja sama dengan klinik mata yang memberikan pemeriksaan mata gratis kepada masyarakat. “Apabila ada yang harus dilanjutkan ke pemeriksaan lebih maka, kami akan memberikan rujukan,” jelasnya.

“Untuk sunatan masal kami memberikan kesempatan untuk 58 anak yang akan menjalani sunat dan apabila ada penambahan akan kami kordinasikan kembali,” pungkasnya

Print Friendly, Pdf & Email