Inilah Proses Terjadinya Perubahan Iklim Yang Harus Disadari Umat Manusia

Inilah Proses Terjadinya Perubahan Iklim Yang Harus Disadari Umat Manusia

LIPUTAN4.COM, BANDUNG – Semakin hari perubahan iklim semakin kita rasakan bahkan semakin mengkhawatirkan. Siang hari sangat panas tiba-tiba hujan. Perlu diingat bahwa perubahan iklim tidak terjadi tiba-tiba, peristiwa ini terjadi oleh berbagai sebab. Untuk itu kita harus berusaha menanggulanginya dengan mulai mencintai dan menjaga lingkungan seperti menanam pohon, tidak membuang sampah sembarangan, melakukan daur ulang, dan cara-cara sederhana lainnya. Selasa ( 05/04/2022).

Perubahan iklim bukanlah hal baru. Iklim global sebelumnya sudah selalu berubah-ubah. Pada jutaan tahun yang lalu, sebagian wilayah dunia yang dahulunya tertutupi oleh es kini berubah menjadi daratan akibat fluktuasi radiasi matahari atau letusan gunung berapi.


Perubahan iklim yang ada saat ini dan akan datang dapat disebabkan bukan hanya oleh peristiwa alam melainkan lebih karena berbagai aktivitas manusia. Kemajuan pesat pembangunan ekonomi telah memberikan dampak yang serius terhadap iklim dunia, seperti penggunaan energi fosil untuk sumber energi, peningkatan jumlah kendaraan bermotor, dan pembukaan lahan dengan cara membabat hutan besar-besaran.

Kegiatan manusia yang menghasilkan emisi dalam jumlah besar seperti penggunaan kendaraan bermotor menyebabkan penumpukan Gas Rumah Kaca pada atmosfer bumi. Hal ini yang menyebabkan peningkatan suhu yang secara otomatis menyebabkan pemanasan global.

Secara umum, perubahan iklim disebut sebagai fenomena pemanasan global, dimana terjadi peningkatan gas rumah kaca pada lapisan atmosfer dan berlangsung untuk jangka waktu tertentu. Penyebab perubahan iklim dan pemanasan global terdiri dari berbagai faktor yang berbeda serta menimbulkan dampak bagi kehidupan manusia.

Iklim berubah secara terus menerus karena interaksi antara komponen-komponennya dan faktor eksternal seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari, dan faktor-faktor disebabkan oleh kegiatan manusia seperti misalnya perubahan pengunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil.

Lalu, apa saja faktor yang menyebabkan perubahan iklim? Berdasarkan data ada beberapa faktor penyebab perubahan iklim, diantaranya: Efek gas rumah kaca, pemanasan Global, kerusakan lapisan ozon, kerusakan fungsi hutan, penggunaan Cloro Flour Carbon (CFC) yang tidak terkontrol, dan gas buang industri.

Sehingga nantinya, dari perubahan iklim yang terjadi secara terus menerus juga menimbulkan dampak tersendiri bagi kehidupan masyarakat. Diantaranya : curah hujan tinggi, musim kemarau yang berkepanjangan, peningkatan volume air akibat mencairnya es di kutub, terjadinya bencana alam angina puting beliung, dan berkurangnya sumber air.

Karena itu, mari jaga bumi dari perubahan iklim untuk mengurangi dampak pemanasan global. (akuy)

Sumber & Dilansir dari : http ://indonesiabaik.id dan http ://ditjenppi.menlhk.go.id