Ini Kata Iwan.S : BPBD Lotim NTB, Siap Mengantisipasi Bencana Banjir dan Putting Beliung.

  • Bagikan
Ini Kata Iwan.S : BPBD Lotim NTB, Siap Mengantisipasi Bencana Banjir dan Putting Beliung.

Liputan4.Com – Lombok Timur – Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) Iwan Setiawan mengatakan untuk mengantisipasi bencana Banjir dan Angin Putting Beliung Bupati Lombok Timur H.M.Sukiman Azmy sudah membentuk Tim Tanggap Darurat Angin Putting Beliung dan Banjir.

Iwan juga menyampaikan sesuai dengan perkiraan Oktober ini merupakan puncak musim kemarau, dan hujan yang terjadi saat ini merupakan hikmah yang baik bagi kita semua. Meskipun dibagian utara terjadi banjir akan memberikan dampak yang baik bagi saudara-saudara kita dibagian selatan yang selama ini mengalami kekeringan.

“Tepat sesuai perkiraan kita bahwa bulan Oktober merupakan puncak musim kemarau, dan Alhamdulillah sekarang sudah mulai turun hujan meskipun disertai angin putting beliung, bencana angin putting beliung dan banjir ini merupakan bencana siklus tahunan yang memang selalu kita alami setiap tahun,tapi ada dampak positif bagi saudara-saudara kita dibagian selatan dalam mengatasi soal kekeringan,karena kalau ada banjir diutara InsyaAllah airnya bermanfaat dibagian selatan,” Ungkap Iwan Kepada wartawan. Rabu (28/10/2020).

Untuk mengantisipasi bencana banjir menurut Iwan Pemda sudah menyiapkan anggaran untuk melakukan normalisasi sungai diwilayah utara, karena sebenarnya banjir tidak akan berbahaya jika air itu mendapatkan akses sungai yang baik.

“Banjir ini sebenarnya tidak berbahaya kalau air ini melalui sungai atau irigasi yang baik,yang terjadi kenapa air sampai menyerang rumah penduduk,karena sungai atau saluran irigasi kita terjadi pendangkalan, sehingga ketika air itu tidak bisa melewati sungai karena terjadi pendangkalan maka air itu akan menerjang kawasan pemukiman atau yang kita sebut banjir bandang dan lainnya,” katanya.

Berkaitan dengan hal tersebut pihaknya mulai tahun 2019 kemaren bersama BWS melakukan normalisasi sungai seperti yang dilakukan pada sungai Kokok Putek. Karena potensi banjir bandang yang besar sering terjadi yakni dikokok putek, belanting sampai Sambelia.

Iwan setiawan yang baru saja menjabat sebagai Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lombok Timur itu, cukup tanggap dengan persoalan yang dihadapi masyarakat baik dari soal kekeringan dan bencana banjir, menurutnya ada sekitar 25 sungai yang sudah dinormalisasi untuk mengantisipasi banjir yang akan terjadi.

“Kita sudah melakukan normalisasi sungai sekitar 25 sungai yang tersebar di wilayah kecamatan Sembalun dan Sambelia, sebagai kecamatan yang paling sering dilanda banjir bandang pada setiap tahunnya,” jelas Iwan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Iwan setiawan juga menambahkan Bencana Banjir dan angin putting beliung adalah bencana yang terjadi hampir disetiap daerah diseluruh Indonesia. Tetapi yang terpenting saat ini sejauh mana Pemerintah Daerah mengambil sikap dengan segera untuk mengatasi masalah tersebut.  

“Kami dari pihak BPBD atau Pemda Lombok Timur, sudah mengantisipasi  bencana banjir atau angin putting beliung yang akan terjadi. InsyaAllah kita sudah siap untuk mengantisipasi jika terjadi bencana diwilayah Lombok timur ini, terutama tupoksi kami di Bidang Kedaruratan adalah menyelamatkan Jiwa dalam keadaan bencana,” Pungkasnya.(Bul)  

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

34
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

16
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

67
0
0

Kegiatan Soft Opening Wisata Pantai Muara Indah Suak

34
1
0