Papua  

Ibadah Minggu Paskah di Gereja St Paulus Kwamki Narama, Wabup JR: Teladani Kebangkitan Yesus Sebagai Pedoman Hidup

Ibadah Minggu Paskah Di Gereja St Paulus Kwamki Narama, Wabup Jr: Teladani Kebangkitan Yesus Sebagai Pedoman Hidup
Ibadah Minggu Paskah di Gereja Katolik St Paulus Kwamki Narama Minngu (17/4/2022) Tampak Wakil Bupati Mimika Johannes rettob foto bersama Gengurus Gereja dan Pastor Amandus serta Tokoh Intelektual (Okia) Yohanis Kemong
STIK FAMIKA

TIMIKA | Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob pada Minggu (17/4) menghadiri Ibadah Misa agung Paskah di Gereja Katolik St Paulus Kwamki Narama.

Ibadah Misa tampak dihadiri ratusan umat katolik Kwamki Narama dan umat Katolik lainya, umat tampak berbondong beribadah untuk mendengarkan khotbah  misa Pastor Amandus Rahadat Pr.


Pastor Amandus dalam Khotbahnya menyatakan bahwa hari ini umat katolik sedunia merayakan misa kebangkitan Yesus Kristus. “Kristus sudah bangkit otomatis siapapun anda yang mengakui sebagai pengikut Yesus harus ikut  bangkit,” ucap Pastor Amandus.

“ Hari ini kita umat Yesus harus bangkit dari kematian.  Sebagai aktualisasi pengorbanan Yesus Kristus agar kita jangan mati rasa. Mari kita saling  menghargai hak hidup orang lain,” pesan Dia diatas mimbar.

Selain itu, Pastor Amandus  juga menekankan agar umat kiranya dapat bersatu membangun Kwamki Lama. Orang asli papua yang hidup di tanah Amungsa  harus bersatu menjadi satu, menjaga satu sama lain agar tercipta Kwamki Lama yang damai sehingga umat dapat menjalankan rutinitas Ibadah dengan penuh damai.

“Kalau kita mundur lagi ke belakang tanah dataran rendah itu dihuni orang Kamoro. Guru-guru perintis mulai datang tinggal bersama mereka, almarhum Mozes Kilangin membawa injil di tanah ini. Makanya almarhum uskup John Saklil misa sulung di tempat ini, karena di sini komunitas asli Papua,” paparnya.

Namun saat kerusuhan tahun 2007, banyak umat yang meninggalkan Kwamki Narama mencari tempat lain. Akhirnya rumah dan tanah yang menjadi hak mereka ditempati orang lain.

“Orang Amungme, Moni, Mee, dan Dani semua lari dari sini, cari tempat lain seperti di SP 12, SP 13, SP 5, Timika Indah dan daerah lain diuar Kwamki Lama. Dulu misa minggu di sini dilaksanakan dua kali, tapi sekarang hanya sekali, dimana semua mereka sudah meninggalkan tanah dan rumah. Ini adalah kematian dalam hidup, itu artinya kita belum bangkit,” pungkasnya.

Karenanya, dia meminta warga agar kembali ke Kwamki Narama, membangun kembali daerah yang ditinggalkan ini.

“Saya hanya mau tanya sampai kapan kematian ini berlangsung. Kita harus keluar dari kematian ini seperti Yesus keluar dari liang kubur dan untuk itu di hari Minggu Paskah ini saya ingin menyapa warga Kwamki Lama yang tersebar di mana-mana, ayolah marilah kita bikin bergerak, kembali ke tempat ini. Kembali, kita bangun Kwamki Lama,” tegas Pastor.

Sementara Wakil Bupati Mimika usai Perayaan Ibadah Misa mengemukakan dalam sambutannya bahwa,  sebagai umat yang beriman kepada Yesus dari kebangkitannya pada mulai hari ini  agar senantiasa meneladani Tuhan Yesus.

“Kita teladani  kisah kebangkitan Yesus  agar menjadi pedoman hidup  umat sehingga pada kematian yang sesungguhnya dicapai oleh orang orang yang mengimani Yesus,” pesan Wabup JR.

Print Friendly, Pdf & Email