HUT PDAM BANDARMASIH Ke- 49 Tahun, Ir Yudha Achmady Sampaikan Perjalanan PDAM Bandarmasih

Hut Pdam Bandarmasih Ke- 49 Tahun, Ir Yudha Achmady Sampaikan Perjalanan Pdam Bandarmasih

 

Liputan 4.com -Banjarmasin. PDAM Bandarmasih telah capai usia 49 tahun dengan sejarah berdirinya yang panjang dari tahun 1973.


Direktur Utama PDAM Bandarmasih Ir. Yudha Achmady menyampaikan, sejarah berdirinya PDAM Bandarmasih dimulai dari Tahun 1973, Pemerintah Daerah membentuk dinas saluran air minum Kotapraja Banjarmasin dan menjadi tanggal berdirinya PDAM Bandarmasih.

Pada tahun 1983 telah dioperasikan lima buah sumur bor di Km.24 dengan kapasitas 60 liter per detik berlokasi di Landasan Ulin, dan pada tahun 2022 dihibahkan kepada PDAM Intan Banjar.
Tahun 1986 dilakukanlah rehabilitasi IPA.I.A.Yani dari kapasitas 275 liter per detik menjadi 416 liter per detik.Lalu, pada tahun 1987 sampai 1991 dibangunlah Mini Treatmen Plan (IPA Mini) yang menyebar di lima lokasi Banjarmasin dengan total kapasitas 60 liter per detik dan tahun 2004 dihibahkan ke PDAM Tetangga.

Tahun 1993 dibangunlah Instalansi Pengolahan Air (IPA.I) Pramuka dengan kapasitas 500 liter per detik. Dan, pada tahun 1996 dibangunlah dua buah reservoir dengan kapasitas 6000 meter kubik, dengan jaringan pipa transmisi dan distribusi untuk wilayah Banjarmasih Barat dan Banjarmasin Utara.

ia juga menjelaskan , PDAM Bandarmasih mengalami perkembangan hingga pada tahun 2002 dilakukanlah pekerjaan rehabilitasi Intake Sei. Bilu untuk meningkatkan suplai air baku menjadi 550 liter per detik. Pemasangan pipa transmisi dengan 630 milimeter sampai 1.200 meter dari intake Sei.Bilu sampai dengan IPA. I. A. Yani.

Pada tahun 2005 dilakukanlah pembangunan IPA berkapasitas 500 liter per detik berikut perpipaannya yang berada di komplek IPA Pramuka sehingga total kapasitas menjadi 1.000 liter per detik. Di tahun 2006 dilakukan penambahan jaringan pipa transmisi air bersih sepanjang 3.000 meter di jalan Inspeksi pematang Panjang. Sehingga pada tahun 2007, uprating dan rehab Instalansi Pengolahan Air Minum IPA I A Yani dari kapasitas 416 liter per detik menjadi 500 liter per detik.

Tahun 2008 dilakukan pembangunan reservoir Banua Anyar dan gerilya dengan kapasitas masing-masing 2.500 meter kubik, pemasangan dan pengadaan pipa High Density Polyethylene (HDPE) untuk transmisi air bersih 500 milimeter sepanjang 7000 meter dari IPA Pramuka ke Booster Gerilya, pemasangan dan pengadaan pipa HDPE untk transmisi air bersih 500 milimeter sepanjang 4.200 meter dari IPA Pramuka ke Booster Banua Anyar.
Tahun 2009 ada penambahan pipa transmisi air baku sepanjang 7.000 meter di Jalan Lingkar Utara Sei. Tabuk dan Pembangunan Intake Baru di Sungai Tabuk dengan kapasitas 500 liter per detik.

Tahun 2010 dimulainya proyek rehabilitasi dan peningkatan kapasitas IPA.II jalan pramuka Eks Itali d ari 500 liter per detik menjadi 1.000 liter per detik serta pembangunan reservoir kapasitas 10.000 meter kubik di IPA Pramuka.

Lalu, tahun 2011 dioperasikannya reservoir Gerilya dan reservoir Banua Anyar serta pembangunan jembatan syphon pertama berlokasi di samping jembatan Banua Anyar.
Pada 2012, diadakan peresmian optimalisasi SPAM Kota Banjarmasin kapasitas 500 liter per detik menjadi 1.000 liter per detik oleh Meteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Tahun 2015 uprating IPA 2 dari kapasitas 1.500 menjadi 1.750 liter per detik. kemudian, tahun 2016 pembangunan reservoir kapasitas 4.000 meter di Booster Banua Anyar dan Reservoir kapasitas 1.000 meter kubik di Sungai Lulut. Dan pada tahun 2017 Pembangunan Intake di Sungai Tabuk berikut pemasangan pipa air baku 1.000 milimeter.

“Sejarah berdirinya PDAM Bandarmasih ini harus terus diingat, agar etos kerja kita pun meningkat karena mengingat bagaimana sulitnya perjuangan PDAM Bandarmasih hingga bisa menjadi seperti saat ini,” kata Direktur Utama Ir. Yudha Achmady pada habarpdam, Rabu (16/2/2022).

Ia juga mengatakan, PDAM Bandamasih memiliki visi dalam menjalankan perusahaannya yaitu unggul dalam pelayanan dan pengelolaan air skala nasional berdaya saing global.

Hal tersebut dapat tercapai dengan melakukan beberapa misi yang telah ditargetkannya yaitu pertama, mengembangkan karyawan profesional berakhlak mulia. Kedua, menjaga ketersediaan sumber daya air baku yang berkelanjutan. Ketiga, memproduksi dan mendistribusikan air minum secara konsisten. Keempat, menerapkan pelayanan prima. Kelima, mengembangkan diverfisikasi usaha.

Nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh PDAM Bandarmasih adalah integritas, disiplin, profesional, komitmen, kepedulian dan kerjasama.

Tidak lupa, Yudha menjelaskan alur produksi dan distribusi air PDAM dari sungai martapura lalu ke intake dan diberi desinfektan lalu proses koagulasi, flokultasi, sedimentasi, menuju proses filtrasi, lalu ke reservoir hingga sampailah ke rumah konsumen.

Keunggulan teknologi produksi PDAM Bandarmasih yaitu streaming current monitor, proses disenfektan menggunakan elektro klorinasi, komputerisasi dengan data center, automatic meter reading, daya panel menggunakan sumber daya listrik.

PDAM Bandarmasih juga memiliki aplikasi android yang digunakan untuk kegiatan operasional PDAM di lapangan seperti pencatatan meter air pelanggan, penutupan dan pembukaan, pasang baru, penanganan gangguan air minum, survey pelanggan, meter air dan pemeliharaan.

“Seiring perkembangan teknologi, PDAM Bandarmasih memiliki aplikasi sendiri untuk meningkatkan kemudahan pelanggan dan petugas,” jelasnya.

Usia 49 tahun menjadi usia yang matang bagi PDAM Bandarmasih dalam mengembangkan diri, bahkan kini telah bertransformasi menjadi salah satu perusahaan daerah air minum berprestasi di Indonesia. Ini adalah bukti bahwa PDAM Bandarmasih selalu berkomitmen untuk menjadi terdepan, dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Deretan prestasi PDAM Bandarmasih yaitu sebagai pada tahun 2004 sebagai citra pelayanan prima penghargaan dari Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri Sebagai Unit Kerja Pelayanan Publik Percontohan. Tahun 2006 sebagai Citra Pelayanan Prima Penghargaan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono Sebagai Unit Kerja Pelayanan Publik Percontohan.

PDAM Bandarmasih terbaik 3 pada 2012, dan terbaik 2 di tahun 2014 pada Ajang The Provision Of 7 Water Treatmen Plant Operations, Distribution, And Customer Service.

Pada 2016 mendapat Appreciation TOP IT Presented iTech. PDAM BandTop IT on integrated operation and customer services system 2018 PDAM bandarmasih oleh It Works. Top Leader on IT Leadership 2018 Oleh IT Works.

The Best Figure & BUMD of The Year 2019 Inspiring & Innovative oleh Seven7media. Top Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2019 kategori Top PDAM 2019 PDAM Bandarmasih oleh Top Business.Top CEO bidang pemikiran konseptual 2019 oleh TopBusiness.

Sertifikat penghargaan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja “Bendera Emas” oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI tahun 2020.

Penghargaan Bhumandala , Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial 2021 sebagai Inovasi Terbaik Nasional di Jakarta oleh Badan Informasi Geospasial.

“Penghargaan bukanlah target kita, namun menjadi bonus. Target utama kita adalah bagaimana caranya meningkatkan kualitas pelayanan untuk pelanggan kita,” ujarnya.

Metode pembayaran rekening air bahkan dapat dilakukan dari berbagai via mulai dari via bank, swalayan dan loket mitra. Bank yang menjadi mitra PDAM Bandarmasih diantaranya yaitu Bank BNI, Mandiri, BCA, BTN, Bank Ekonomi, Bank Bukopin, Bank Kalsel, Bank Muamalat, OCBC NISP. Swalayan yang menjadi mitra yaitu Indomaret dan Alfamart. Pembayaran PPOB (Loket Mitra) dapat dilakukan di Loker Kopdar PEDAMI, Anugerah Mandiri, Kantor Pos Design jaya Indonesia, Magna Karsa Mulya, Tektaya, Muamalat.

“PDAM Bandarmasih kini bekerjasama dengan banyak pihak, sehingga metode pembayaran dapat dilakukan dengan banyak cara guna memudahkan pelanggan,” tambahnya.

Direktur Utama PDAM Bandarmasih itu juga sampaikan Program di tahun 2022 diantaranya yaitu melakukan penggantian pipa dengan diameter 800 milimeter dari IPA 1 A Yani hingga Sutoyo.

Adanya perencanaan pemasangan pipa di Sungai Andai, dalam upaya untuk mengoptimalisasi pelayanan PDAM Bandarmasih juga akan membangun reservoir di daerah Sungai Andai.

Diawal tahun 2022 pun, PDAM tancap gas dengan mulai melakukan pemasangan Pipa Air Baku dari Intake Sungai Bilu ke IPA I. A. Yani, yang selanjutnya diolah untuk menambah tekanan air bersih ke pelanggan Banjarmasin Barat pada khususnya.

Perusahaan air minum itu kini sedang proses membuat pengolahan atau pengadukan bahan kimia dan Decanter.

“Kami berharap di Tahun 2022 ini semua rencana kita dapat terealisasikan secepatnya,” pungkasnya.

Dengan pertambahan usia ini, PDAM Bandarmasih terus berupaya untuk lakukan perbaikan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih terbaik lagi bagi pelanggannya.(Liputan 4.com/Nda).