x

HUT Bhayangkara ke -78 ,Ratusan Pesepeda Ramaikan Cross Country Mountain Bike Part II Jeneponto

waktu baca 3 menit
Minggu, 30 Jun 2024 20:28 0 222 BASIR HASGAS

Jeneponto,Liputan4.com — Ratusan komunitas pesepeda dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti Dispora Cross Country Mountain Bike Jelajah Alam Bangkala (JAB) ke-II Kabupaten Jeneponto dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78. Minggu (30/06/24).

Momen pelepasan di garis start dilakukan oleh Pj. Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri dan di dampingi  oleh Kapolres Jeneponto, AKBP Budi Hidayat, Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Rahman Nara, Kepala Dinas Pendidikan Uscar Baso dan Kepala Dinas Kesehatan, Syusanti A. Mansyur dan Kabid Pembudayaan Olahraga (Dispora) Jeneponto, Suardi A. Kahar.

Junaedi Bakri saat melepas para peserta mengatakan atas nama Pemerintah dan masyarakat Jeneponto,menyampaikan terima kasih dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta yang menyemarakkan HUT ke-78 Bhayangkara ini.

Kami ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan ini,” ujarnya.

Pj. Bupati Junaedi Bakri juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan hasil Kolaborasi Pemkab Jeneponto bersama Polres Jeneponto dalam rangkaian kegiatan menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78.

“Ini merupakan wujud kolaborasi Pemkab Jeneponto bersama Jajaran Polres dalam memperingati HUT Bhayangkara ke-78. Makanya Hari ini kita gelar Dispora Cross Country Mountain Bike Jelajah Alam Bangkala JAB PART II,” ucap Junaedi Bakri saat dikonfirmasi awak media,Minggu (30/6).

Selain menumbuhkan jiwa sportivitas yang tinggi dari para peserta, Pemerintah Jeneponto juga mengembang misi kedua dalam kegiatan ini yang bertujuan untuk mempromosikan spot-spot wisata di Bumi Turatea. Langkah ini menurut Junaedi diambil sebagai bentuk untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat atau para pelaku UMKM di Kabupaten Jeneponto, khususnya untuk mempromosikan sektor-sektor pariwisata di Kecamatan Bangkala dan sekitarnya.

“Kita sebagai Pemerintah ingin memberikan spot wisata bagi peserta komunitas pesepeda, apalagi peserta ini ada dari Provinsi Sulbar, Polman dan Luwu Timur,” katanya.

Setelah memberikan sambutannya, para peserta langsung dilepas dan menempuh rute sepanjang 15 kilometer. Mulai dari rute Benteng, Kalimporo, Desa Garassikang, Desa Banrimanurung lalu kemudian para pesepeda kembali ke garis start.

Usai finis para peserta langsung disuguhkan hiburan sekaligus pembagian hadiah door prize yang disediakan oleh panitia pelaksana berupa, Sepeda listrik 3 unit dan sepeda gunung 3 unit dan puluhan hadiah menarik serta ratusan paket hadiah hiburan bagi para peserta yang beruntung.

Pj Bupati Jeneponto Junaedi Bakri melepas peserta lomba /30/06/24.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Jeneponto, Suardi A. Kahar mengatakan tujuannya melakukan kegiatan ini sebagai ajang silaturahim Pemerintah dengan masyarakat sekaligus menjadi pelopor anti mager (malas gerak).

Saya melihat semangat para biker sangat luar biasa dan antusiasme ditandai dengan hadirnya peserta istimewa yang sengaja touring terjauh dari Luwu ke arena Cross Country Jelajah Alam Bangkala Jeneponto (naik sepeda),” tambahnya.

Diakuinya, selaku sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Pembudayaan Olahraga DISPORA, Dia merasa berbangga dan berterima kasih atas soliditas panitia di semua lini tugas arena Cross Country.

Suardi A. Kahar juga menyampaikan kegiatan ini terselenggara atas kerjasama unsur pemerintah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jeneponto bersama unsur masyarakat (Komunitas para pegiat sepeda perorangan).

Bahkan dalam laporannya, Suardi A. Kahar juga menyampaikan jumlah peserta yang mengikuti gelaran ini sebanyak 500 peserta yang terdiri dari 50 komunitas yang tersebar di Sulawesi Selatan.

Oleh karena itu, Suardi berharap agar kegiatan pembudayaan olahraga melalui bersepeda (Cross Country) ke depannya semakin dijadikan trend kegemaran olahraga masyarakat sehingga dapat mengeliminir emisi karbon di atmosfer,” tutupnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x