News  

Husler Kembali Pantau Penyaluran BST di Wilayah Kecamatan Burau

Husler Kembali Pantau Penyaluran Bst Di Wilayah Kecamatan Burau

Luwu Timur, Liputan4.com- Setelah memantau penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di lima desa pada wilayah Kecamatan Malili, Angkona dan Wotu, Bupati Luwu Timur H. M. Thoriq Husler kembali melakukan pemantauan penyaluran BST di tiga titik di Kecamatan Burau, Kamis (20/05/2020). Ketiga titik tersebut yakni Kantor Desa Lewonu, Pasar Lambarese dan Aula Kantor Camat Burau.

Husler Kembali Pantau Penyaluran Bst Di Wilayah Kecamatan Burau

Ditiga titik ini Bupati menyaksikan langsung penyerahan ,sekaligus menyerahkan secara simbolis bantuan yang bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.


Dalam sambutannya Husler mengatakan Pemantauan yang dilakukannya ini karena ingin memastikan penyaluran BST tepat sasaran dan selesai tepat waktu sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Ia menjelaskan, Para penerima bantuan merupakan warga terdampak Covid-19. Mereka akan menerima bantuan tunai selama 3 bulan kedepan, mulai April, Mei dan Juni.

“Bantuan ini untuk meringankan beban kepada warga yang terdampak pansemi Covid 19, pencairan hari ini adalah untuk bulan April kemarin. Dan bantuan bulan Mei diberikan nanti pada akhir Mei, dan untuk Juni diberikan bulan Juni,” ucapnya.

Lanjut Husler, penerima bantuan ini merupakan keluarga yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial. Dan bantuan sosial ini juga bisa dicairkan di kantor-kantor pos dan Bank yang ditunjuk.

“Kalau ada yang tidak mendapat bantuan dari Kemensos, akan dapat dari desa jumlahnya sama,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Luwu Timur ini kembali mengingatkan kepada warga yang menerima bantuan tersebut agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya, dan tidak digunakan untuk hal yang tidak perlu.

“Bantuan ini untuk pemenuhan kebutuhan pokok tidak untuk kebutuhan Lebaran,” tegas bupati yang dikenal peduli dan dekat dengan rakyat itu.

Dikesempatan tersebut, lebih dalam bupati mengimbau kepada masyarakat agar membantu kerja pemerintah dalam memutus mata rantai covid-19. Dengan cara dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehatphysical distancing, dan social distancing secara disiplin.

“Jangan lupa pakai masker setiap kali beraktivitas, jaga jarak dan rajin cuci tangan merupakan upaya kita bersama untuk memutus mata rantai covid-19. Doa dan upaya kita bersama, semoga pandemi covid-19 ini cepat berakhir, agar aktivitas kita kembali normal” ujar Bupati mengingatkan.

Dari 17.533 KK penerima bantuan ini, yang bantuannya dicairkan melalui kantor pos sebanyak 15.337 KK dan sisanya dicairkan melalui kantor bank yang ditunjuk.

Selain memantau penyaluran BST ditiga lokasi, Bupati yang didampingi Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Luwu Timur, Sukarti, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Halsen dan Camat Burau, Muh Syukri juga berkesempatan melakukan pemantauan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Desa Kalatiri Kecamatan Burau. (op/hms)