Heboh Tentang Sampah,Di Jalan Cadika Dekat Kantor KONI Sintang Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Heboh Tentang Sampah,Di Jalan Cadika Dekat Kantor Koni Sintang Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Liputan4.com,Sintang

Beberapa bulan akhir-akhir ini di kota Sintang Di Hebohkan Pembuangan Sampah, terlihat satu persatu TPS (Tempat Pembuangan Sampah)satu persatu ditutup. Timbul pertanyaan padahal TPS tersebut sudah lama beroperasi pada lokasi tertentu yang ditutup itu, bahkan dilengkapi dengan bak sampah portable yang dapat diangkut langsung oleh mobil truk milik Badan Lingkungan Hidup Pemda kab Sintang, ungkap pak Haji Rasid Beserta Warga RT 3 Hery Suryadi dan Hadi Mulyani Mengeluhkan pembuangan Sampah Sembarangan Dijalan Cadika,dekat Kantor KONI Stasiun GOR Sintang.
Apakah ada solusi dari pemerintah setempat,
Menurutnya kondisi penutupanan TPS sudah tentu menjadi kekhawatiran masyarakat Sintang, justru TPA yang ditutup dengan berbagai alasan,adanya penutupan beberapa lokasi TPS tersebut membuat masyarakat kebingungan membuang sampah, hal ini terbukti telah terjadi pembuangan sampah di tepi ruas jalan (kamis sore,29/9/2022).


Heboh Tentang Sampah,Di Jalan Cadika Dekat Kantor Koni Sintang Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Dampak penutupan TPS di beberapa lokasi yang ada di kota Sintang harus segera dicarikan solusi,ada beberapa solusi jangka pendek atau bersifat mendesak dalam penanganan sampah dikota Sintang, pihak Pemda kab Sintang perlu melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain dengan pemerintah desa, kelurahan, organisasi masyarakat,Serta unsur elemen masyarakat lainnya dengan cara membangun Tempat Penampungan Sementara yang dilengkapi dengan sumberdaya pengelola sampah untuk melakukan pemprosesan sampah, tegasnya.

Heboh Tentang Sampah,Di Jalan Cadika Dekat Kantor Koni Sintang Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Kita harus membangun pola pikir (mindset) bahwa sampah adalah sumber uang, bukan sumber masalah. Pola pikir ini bisa terjadi jika masyarakat mulai berorientasi pada nilai ekonomi atas keberadaan sampah. Pemda kab Sintang dapat melakukan kerjasama dengan cara membangun satu pilot project TPS bersama masyarakat yang berorientasi pada nilai ekonomi, sehingga sampah bukan lagi material yang menimbulkan bau busuk maka dari itu instansi terkait bersinergi dengan berbagai pihak dalam mencari penyelesaian penanganan sampah di kota Sintang, supaya tumpukan sampah yang ada di tepi jalan Segera Teratasi.

(Wartawan Abbas)