News  

Hasil Rapid Test Covid-19 Salah Satu Warga Karantina Awalnya Meragukan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar Masih tetap Zona Hijau.

Hasil Rapid Test Covid-19 Salah Satu Warga Karantina Awalnya Meragukan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar Masih Tetap Zona Hijau.

Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Liputan4.com Rabu, 17 Juni 2020. Walaupun Kabupaten Kepulauan Tanimbar Masih ada dalam Zona Hijau Covid-19. Pemerintah Daerah maupun tim gugus Tugas Kabupaten Kepulauan Tanimbar tetap waspada menyikapi setiap orang yang akan masuk di wilayah kabupaten kepulauan Tanimbar. Salah satu nya adalah dengan mewajibkan karantina .

Berdasarkan Pantauan Liputan4.com Diketahui bahwa ada 28 orang pelaku perjalanan dari Luar Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang sedang menjalani karantina di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Kepala Dinas Kesehatan dr. Edwin Tomasoa kepada Liputan4.com  menyampaikan telah dilaksanakan Rapid test pada hari ke 10 dan hari ini (17/6/20) merupakan hari ke 12. Memang melalui Rapid test tersebut, awalnya ada 1 orang yang hasilnya agak meragukan antara reaktif atau non reaktif, namun ketika di tes kembali hasilnya non reaktif.


  • Hasil Rapid Test Covid-19 Salah Satu Warga Karantina Awalnya Meragukan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar Masih Tetap Zona Hijau.(Foto. Kepala Dinas Kesehatan kab. Kepulauan Tanimbar dr. Edwin Tomasoa)
Selanjutnya kepala Dinas Kesehatan menambahkan, “ada 28 orang yang saat ini sedang menjalani Karantina karena baru datang dari daerah Zona Merah. 28 orang tersebut diantaranya 15 Anggota Polisi, 7 Anggota TNI AD, anggota TNI/POLRI  di karantina secara terpusat di kesatuan Masing-masing sedangkan sisanya dikarantina di Lorulun.

Mereka itu sebelum datang dari ambon atau Jakarta sudah mengantongi hasil Rapid test dengan hasil non reaktif. Namun masih harus menjalani Karantina selama 14 Hari.” tegasnya.
Ditanyakan terkait PCR/Swab test, Kadis menambahkan Hari ini dan esok sedang dilaksanakan pelatihan secara daring untuk melakukan test PCR. Agar kedepannya bisa langsung diperiksa di Saumlaki.

Terkait Disiplin warga yang menjalani Karantina sejauh ini mereka masih disiplin. Kami selalu mengecek mereka setiap hari dengan jam yang berbeda-beda biar memastikan kalau mereka disiplin. Selanjutnya tenaga medis yang setiap hari mengontrol warga karantina juga telah diperlengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang standar untuk tetap menghidari terjadinya penyebaran. Adapun masa Karantina akan berakhir pada hari Jumat 19 Juni 2020.” Tutupnya.

[zombify_post]