Hadirkan Pihak Kemendagri, BKAD Pinggir Kembali Menggelar Pelatihan Pengelolaan BUMDes

Hadirkan Pihak Kemendagri, Bkad Pinggir Kembali Menggelar Pelatihan Pengelolaan Bumdes

Liputan4.com, Bengkalis-Riau – Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, pada Rabu pagi 10 Agustus 2022 kembali menggelar kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tahun 2022 di Gedung Serbaguna Nuryah Binti Sontel Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir.

Dikegiatan pelatihan kali ini, pihak BKAD Kecamatan Pinggir menghadirkan Tenaga Ahli Dirjen Kemendagri bidang Pemerintahan Desa, Viviana Hanita, dan pihak PMD Propinsi Riau, yang bertindak sebagai Narasumber.


Dalam arahannya, Viviana Hanita mengharapkan bahwa dengan adanya BKAD di wilayah Kecamatan Pinggir Kabupaten B3ngkalis, kiranya dapat menciptakan unit-unit usaha BUMDes yang lebih kreatif lagi dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, seperti mendirikan sebuah Pabrik Pengelola Buah Tandan Sawit.

Sebelumnya, Ketua BKAD Kecamatan Pinggir, Slamet Rahayu ketika ditemui Liputan4.com, Rabu (10/8) menjelaskan bahwa acara pelatihan ini diikuti oleh seluruh direktur Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan beberapa kepala desa serta sekdes. Yang mana materi pelatihan tersebut tentang tata pengelolaan Bumdes.

“BKAD Kecamatan Pinggir terbentuk pada tahun 2021 lalu, yakni dengan adanya Permendagri. Dimana setiap desa harus membentuk BKAD. Dengan harapan agar Bumdes memilik out put tersendiri. Semoga dengan adanya pelatihan ini, kita dapat memberikan harapan baru terhadap perekonomian dan kemajuan pembangunan masyarkat desa. Dan Bumdes kedepannya harus lebih baik lagi dan bisa meningkatkan PAD”, harapnya.