x

Hadiri Workshop Peranan Pers Sukseskan Pilkada, Ijeck: Pers Bisa Mengguncang Suasana

waktu baca 2 menit
Jumat, 21 Jun 2024 19:06 0 53 ABDI SUMARNO

MEDAN, Liputan4.com – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Periode 2018-2023, Musa Rajekshah mengapresiasi Workshop Peranan Pers (Media Cetak) Sukseskan Pilkada Serentak yang dilaksanakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Sumut di Le Polonia Hotel, Medan, Jumat (21/6/2024).

Menurut pria yang akrab disapa Ijeck ini, melalui tulisannya pers bisa mengguncangkan susana. Sehingga dengan kekuatan tulisan tersebut, pers diminta bisa menyajikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat dengan tetap menjaga netralitasnya. “Tidak perlu banyak orang, pers cukup dengan satu tulisannya saja bisa mengguncangkan suasana,” ujar Ijeck.

Ijeck mengaku suasana pesta politik rentan dengan gesekan-gesekan di masyarakat. “Karena semua orang punya hak untuk memilih, masing-masing punya calon yang diunggulkan dan terkadang melalui cara-cara yang tidak diperbolehkan. Tapi bersyukur di Sumut, saat Pileg dan Pilpres kemarin berjalan dengan baik dan ini tentu atas bantuan dari teman-teman pers semuanya, kita harap Pilkada mendatang juga bisa berjalan lancar,” lanjutnya.

Pilkada serentak kali ini adalah yang terbesar di Indonesia, sehingga peran pers sangat krusial menjaga proses Pilkada berjalan lancar. “Dukungan dari pemerintah agar teman-teman pers dalam bekerja tidak mengalami hambatan juga penting. Workshop seperti ini juga sangat baik dan semoga bisa diikuti oleh organisasi wartawan lainnya. Saya juga berharap teman-teman pers tidak hanya melihat peluang bisnisnya saja saat Pilkada ini, tapi juga bagaimana ikut menjaga kondusifitas di masyarakat,” tutup Ijeck.

Sementara itu, Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik menyampaikan pihaknya telah mendorong KPU dan pemerintah kabupaten/kota hingga provinsi untuk merangkul media masa dalam mensukseskan Pilkada yang damai dan aman.

Sementara itu PJ Gubsu Hassanudin melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan Sumber Daya Alam Manna Wasalwa Lubis menyampaikan di tengah dinamika perkembangan teknologi informasi yang pesat, berbagai tantangan seperti berita hoax dan isu-isu yang tidak benar membuat persaingan di industri media semakin ketat.

“Dalam konteks inilah, SPS memiliki peran vital untuk memastikan bahwa perusahaan-perusahaan pers di Sumut mampu beradaptasi dengan perubahan, menjaga integritas, dan terus berinovasi dalam penyajian informasi berkualitas kepada masyarakat,” ujarnya.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berkomitmen untuk selalu mendukung dan bersinergi dengan SPS serta seluruh perusahaan pers dalam upaya menciptakan iklim pers yang sehat, tanggungjawab dan profesional,” tutupnya.

Hadir dalam acara Ketua Umum SPS Januar P. Ruswita dan anggota SPS dari berbagai media cetak di Sumut.(Abdi)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x