Hadapi Hari Raya Idul Adha 1443 H, Nanang Ermanto Ajak Seluruh Pejabat Pemkab Lamsel Rakor

Hadapi Hari Raya Idul Adha 1443 H, Nanang Ermanto Ajak Seluruh Pejabat Pemkab Lamsel Rakor

Liputan4 Com. Lampung Selatan.

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menggelar Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan Bulan Juli tahun 2022 di Aula Rajabasa, Setdakab Lampung Selatan, Senin (04/07/2022).


Rapat dimoderatori oleh Sekretaris Daerah Lampung Selatan, didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Eka Riantinawati dan dipimpin langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengungkapkan, kegiatan rakor ini bermaksud untuk mengevaluasi kinerja selama satu bulan, untuk membahas apa saja kinerja yang sudah dilakukan dalam satu bulan tersebut.

“Dimana pekerjaan rutin kita dari hari ke hari, Minggu ke minggu, bulan ke bulan bahkan tahun ke tahun itu apa saja capaian-capaian yang didapatkan. Ini bukan rakor-rakoran biasa, jadi tolong dicermati dengan benar evaluasi ini supaya kita bisa meningkatkan capaian-capaian yang lebih baik lagi,” ungkap Bupati Lampung Selatan itu.

“Dirakor ini juga kita akan membahas apa saja yang akan kita lakukan untuk kedepannya, semua akan dibahas dan disampaikan disini, supaya kita semua tahu apa yang akan dilakukan, agar kita bisa bergerak dan bekerja sama menjalankannya,” ungkapnya lebih lanjut.

Dalam kesempatan tersebut Nanang juga mengatakan, mengenai pelayanan juga harus dikedepankan, untuk selalu memberikan pelayanan dengan baik dan maksimal kepada masyarakat.

“Kita harus terus memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. Hasil rakor ini juga harus disosialisasikan kepada jajaran yang lain untuk selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat itu secara maksimal dan baik, sehingga masyarakat mencapai kepuasan dari hasil layanan kita ini,” ujarnya.

Rapat yang diikut seluruh Kepala Perangkat Daerah serta Camat se- Kabupaten Lampung Selatan tersebut turut membahas tentang persiapan Hari Raya Idul Adha 1443 H yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 mendatang.

Firmansyah Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab setempat dalam laporannya mengatakan, Salat Hari Raya Idul Adha 1443 H tahun 2022 akan berlangsung di Lapangan Korpri pada tanggal 10 Juli 2022 tepat pukul 07.00 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang berlaku.

“Untuk jumlah peserta yang akan beribadah tidak dibatas namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang berlaku serta salat tersebut diikuti oleh Forkopimda serta Kepala Perangkat Daerah serta masyarakat sekitar,” ujarnya.

Berkenaan dengan hewan kurban yang sudah tersedia saat ini berjumlah 36 Ekor yang didistribusikan langsung ke beberapa pesantren, Lapas, Polres dan lainnya yakni sebanyak 18 ekor sapi dan sisanya dibawa ke Mesjid Agung untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat sekitar.

“Untuk diketahui 36 Ekor hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari 55 Perangkat Daerah yang ada di Lampung Selatan,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Selatan Rini Ariasih dalam rapat tersebut mengatakan saat ini Lampung Selatan masih berstatus zero kasus meskipun saat ini masih maraknya virus Penyakit Mulut dan Kuku di beberapa daerah di Indonesia.

“Untuk saat ini dapat saya laporkan Lampung Selatan belum ada hewan yang memiliki gejala yang menunjukkan hewan tersebut mengidap penyakit PMK dan juga pihak kami telah mendistribusikan sebanyak 6.500 dosis vaksin yang kami prioritaskan di wilayah-wilayah perbatasan yang terkonfirmasi PMK serta sentral pembibitan di Kecamatan Tanjung Sari,” ujarnya.

Selanjutnya, progres dari pemberian vaksin tersebut hingga hari Minggu (03/07/2022) kemarin telah mencapai 80% dan akan dilanjutkan selama 2 hari sesuai dengan waktu yang telah ditentukan untuk mencapai progres 100% untuk tahap pertama ini.

Rini juga mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan hewan kurban baik pada pedagang belantik maupun lapak-lapak yang menjual hewan-hewan kurban dengan menyatakan hewan yang mereka miliki bebas dari virus PMK dengan ditandai dengan pemberian kartu sehat.

Print Friendly, Pdf & Email