H. Nopri Opu Tonggu, S.H., M.H. Segera Dilantik Sebagai Ketua LKBH-APB Tanah Bumbu

  • Bagikan
H. Nopri Opu Tonggu, S.H., M.H. Segera Dilantik Sebagai Ketua LKBH-APB Tanah Bumbu

Liputan4.com, Banjarmasin- Salah satu program kerja Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dibahas melalui rapat kerja (raker) bersama Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI), adalah selain mempersiapkan pelantikan kepengurusan IPHI Kalsel, juga akan dilakukan pelantikan kepengurusan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Advokasi Peduli Bangsa (LKBH APB) yang akan dilaksanakan pada akhir Juli mendatang.

“Untuk pelantikan LKBH-APB akan dilakukan secara bersamaan dengan pelantikan kepengurusan IPHI yang akan dilaksanakan di Kota Banjarmasin,” ungkap Ketua DPD KAI Kalsel Bujino A. Salan kepada Liputan4.com, selepas raker, di salah satu hotel di Banjarmasin, Sabtu (05/06/2021).

Untuk itu dirinya berharap, kepengurusan LKBH-APB di Kota Banjarmasin, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu segera terbentuk. “Yang akan menyusul nantinya adalah Kotabaru dan Banjarbaru, termasuk Banua Lima,” katanya.

Sementara itu, H. Nopri Opu Tonggu, S.H., M.H. menyatakan kesiapannya untuk dilantik sebagai Ketua LKBH-APB Tanah Bumbu pada akhir Juli mendatang. “Saat ini persiapan kita sudah hampir 80%, dan InsyaAllah di bulan Juli akan dilaksanakan pelantikan sekaligus menerima surat keputusan dari DPP maupun DPD KAI,” ungkapnya.

Menurut kandidat Doktor dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang tersebut, keberadaan LKBH-APB ini nantinya akan memberikan jaminan hukum bagi masyarakat, baik yang mampu maupun yang tidak mampu.

“Setelah kita dilantik, program pertama kita adalah melakukan sosialisasi ke daerah-daerah dan pengadilan yang memerlukan jasa hukum dan bantuan hukum,” katanya.

Menurutnya, saat ini daerah yang sudah siap untuk dilakukan pelantikan di bulan Juli ini ada tiga daerah, seperti Kota Banjarmasin, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu.

“Mungkin daerah lain akan menyusul hingga 13 kabupaten/kota,” katanya.Dirinya menegaskan, kehadiran LKBH-APB adalah untuk seluruh kalangan masyarakat, tidak akan membeda-bedakan.

“Kalau untuk yang mampu bisa pakai advokat, tapi kalau LKBH ini khusus lapisan masyarakat sedang ke bawah,” jelasnya.

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan