Guna Mengatasi Banjir Rob Forkopimcam Batang Bangun Tanggul Sementara

Guna Mengatasi Banjir Rob Forkopimcam Batang Bangun Tanggul Sementara

Liputan4.com 25/06/2022
Kab.Batang –
Guna mengatasi banjir air laut atau Rob yang semakin merembak ke daratan, Sejumlah personel gabungan dari TNI Koramil 10/Batang Kodim 0736/Batang dan Polsek Batang Kota bersama warga masyarakat Desa Denasri kulon melaksanakan kerja bakti membuat tanggul buatan sebagai upaya penanganan sementara untuk mengatasi banjir rob.

Pelaksanaan kerja bakti pembuatan tanggul dengan menggunakan karung berisi tanah tersebut guna mengatasi air rob agar tidak masuk ke area pesawahan warga.
Keberadaan air laut dapat merusak tanaman padi warga, oleh karenanya warga secara bersama berusaha membuat tanggul dengan karung yang berisi tanah sebagai pembatas agar air laut tidak masuk ke area pesawahan.


pengairan sawah warga desa Denasri Kulon Kecamatan Batang sangat memprihatinkan akibat terkena air laut.
Air tawar yang masuk ke area sawah bercampur dengan air laut, dan itu dapat mengakibatkan tanaman padi milik warga tidak bisa tumbuh dengan subur, bahkan bisa mati sebelum panen.

Terlihat tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Batang Luksono Pramundito, Kapolsek Batang Kota AKP Akhmad Almunasifi, Danramil 10/Batang Kapten CBA Suwanto, Kades Denasri Kulon Anik Wahyuningsih.

“Hari ini kami Forkopimcam Batang bersama warga membuat tanggul agar air laut tidak masuk ke areal persawahan,” kata Kapolsek Batang Kota Polres Batang AKP Akhmad Almunasifi pada Jumat (24/6/22).

Dalam prosesnya, Warga secara gotong royong mengisi karung-karung dengan tanah, setelah itu karung-karung yang diisi tanah tadi disusun disepanjang irigasi sawah sebagai tanggul pembendung agar air laut tidak masuk kedalam aliran irigasi.

Warga berharap, tanggul sementara itu dapat mengurangi dampak luapan air laut yang masuk ke areal persawahan, sehingga tahun ini para petani bisa panen dengan hasil yang maksimal.

Print Friendly, Pdf & Email