Gugatan Mantan Kades Cangkreng Tidak Diterima Terkait Perkara Pembangunan Gedung Olahraga, Ada Apa?

  • Bagikan
Gugatan Mantan Kades Cangkreng Tidak Diterima Terkait Perkara Pembangunan Gedung Olahraga, Ada Apa?

Liputan4.com, Sumenep-Mantan Kepala Desa Cangkreng, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur memohon mencari keadilan kepada Pengadilan Negeri Sumenep terkait beberapa para perbuatan tergugat yang diduga melawan hukum.

Dalam hal itu, ternyata majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara tersebut serta mengeluarkan amar putusan mengadili menyatakan gugatan penggugat tidak diterima.

“Dalam gugatan saya yang di daftarkan di Pengadilan Negeri Sumenep. Memohon mencari keadilan yang mana para tergugat I, II, III dan turut tergugat I, II patut di duga telah melakukan perbuatan melawan hukum dan merugikan saya sebagai masyarakat,” kata Amin Zali mantan Kepala Desa Cangkreng saat diwawancarai, Senin (2/11/2020).

Ia sebenarnya berharap gugatan yang diajukan ke Pengadilan Negeri Sumenep agar dapat memeriksa, mengadili dan memutus perkara ini dengan seadil-adilnya. Tapi sebelum ia melakukan gugatan, pihaknya mengajukan somasi kepada saudara Rusydi sebagai PJS Desa Cangkreng namun tidak dihiraukan dan tidak ada tanggapan.

“Ternyata perkara ini patut di duga syarat pertimbangan politik, saya sadar dan tau bahwa yang saya hadapi, yang saya gugat mereka adalah pejabat-pejabat yang seharusnya tidak berbuat bertentangan dengan hukum dan punya hati rasa keadilan, serta punya tanggung jawab terhadap masyarakat desa, khususnya Desa Cangkreng, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep,” jelasnya.

Sebenarnya keadaan ini sudah dapat terlihat dengan ditundanya putusan ini yang seharusnya diputus pada Rabu 14/10/2020, ditunda diputus pada hari selasa 27/10/2020.

“Hal tersebut sudah bisa dilihat dengan kuat dugaan pada saat alasan majelis hakim belum sempat bermusyawarah. Ada apakah majelis hakim yang terhormat ?,” ungkapnya.

Pada pembangunan gedung olahraga bulu tangkis yang telah selesai dibangun berelokasi di Desa Cangkreng Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep dikarenakan saya menggugat, karena tidak diturunkan tahap II dan tahap III.

“Tentu saya tidak akan menggugat ke rumah tumpuan masyarakat Pengadilan Negeri Sumenep. Lebih jelasnya sedikit saya sampaikan bahwa gedung olahraga tersebut adalah hasil musdes pengajuan dari Dana Desa tahun anggaran 2019,” paparnya

Dalam hasil rapat musyawarah desa pada 27/3/2019 bertempat di Balai Desa Cangkreng, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, dipimpin langsung oleh Bapak Camat Lenteng Joko Satrio, Rusydi sebagai Sekdes Desa Cangkreng serta perwakilan Kepala UPT se Kabupaten Sumenep. Hadir juga bapak Sekcam Lenteng edi, seluruh perangkat Desa Cangkreng dan beberapa perwakilan warga Desa Cangkreng.

Dalam Musdes semua menyetujui dan berharap pembangunan gedung olahraga tersebut dapat cepat selesai agar dapat dinikmati masyarakat Desa Cangkreng.

Mengenai gedung olahraga bulutangkis merupakan salah satu dari beberapa kegiatan yang diputuskan dari hasil Musdes tersebut diatas. Salah satunya pelatihan UMKM menjahit dengan jumlah anggaran sebesar kurang lebih Rp. 118 juta. Pembangunan MCK kurang lebih Rp. 124 juta. Dan juga pembangunan gedung dianggarkan sebesar kurang lebih Rp. 553 juta itu semuanya menggunakan Dana Desa yang dari pemerintah pusat.

Anggaran tersebut diturunkan secara bertahap. Untuk dana pembangunan lapangan bulutangkis yang akan dicairkan secara bertahap yaitu :
Tahap I : Rp. 134.813.150 juta
Tahap II : Rp. 345.195.200 juta
Tahap III : Rp. 73.488.150 juta

Namun kenyataan lain terjadi anggaran yang di bayarkan hanya tahap I saja sebesar kurang lebih Rp. 134 juta. Padahal pekerjaan tetap berjalan dikarenakan saya sebagai penggugat bertanggung jawab sudah selesai peng-SPJ an tahap I, pembayaran pajak tahap I. Dan pertanggung jawaban terhadap masyarakat.

“Ternyata tahap II kurang lebih Rp. 345 juta dan tahap III kurang lebih Rp. 73 juta ditolak dan tidak dibayarkan dengan alasan macam-macam yang tidak masuk akal. Hal ini patut diduga Camat Lenteng saudara Joko Satrio dan Rusydi sebagai PJS Desa Cangkreng. Ada rencana lain yang saya tidak ketahui berkaitan anggaran tahap II dan tahap III tersebut,” ucapnya.

“Dana tersebut bisa dipertanyakan, apakah akan diselewengkan untuk kepentingan sendiri. Walau tidak diturunkan oleh Camat Lenteng Joko Satrio anggaran tahap II dan tahap III, saya dan para perangkat berupaya untuk menyelesaikan pembangunan gedung olahraga tersebut, yang sangat di inginkan masyarakat Desa Cangkreng. Karena saya selaku penggugat dan perangkat masih punya tanggung jawab terhadap masyarakat.
Dengan demikian pinjaman dana dari beberapa masyarakat desa,” katanya lagi.

Tambah Amin, ia berupaya keras untuk merampungkan gedung olahraga tersebut. Hingga selesai dan sudah diserahkan gedung olahraga dengan surat penyerahan berita acara kepada bendahara desa dan perwakilan perangkat Desa Cangkreng dari hal tersebut diatas.

“Hal tersebut yang melandasi saya untuk mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri Sumenep agar perbuatan melawan hukum yang patut di duga dilakukan para tergugat dan turut tergugat diperiksa, diadili dan diputuskan dengan putusan yang seadil-adilnya hingga rasa keadilan itu tercapai,” ujarnya.

Firdaus, Humas Pengadilan Negeri Sumenep menyampaikan, saat ditanyakan terkait putusan perkara bangunan olahraga bulutangkis yang ada di Desa Cangkreng. Pihaknya tidak memiliki kewenangan terkait hal tersebut.

“Maaf mas, itu ranahnya Hakim. Kami tidak bisa menyampaikan itu rahasia Hakim. Hal itu dimusyawarahkan oleh Hakim dan kantor saja tidak boleh tahu. Tunggu sampai keluar putusannya,” ujarnya saat dikonfirmasi di Kantor Pengadilan Negeri Sumenep, Senin (26/10/2020).

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Kegiatan Soft Opening Wisata Pantai Muara Indah Suak

27
1
0

LSM GMBI Distrik Jakut Grudug Pt Dodo, Pt Halim Dan Kantor Disnaker Jakut

25
0
0

Pemotongan Tumpeng Tandai Peresmian Pantai Muara Indah Suak

34
1
0

Pelantikan Keluarga Luwu Timur (KLT) Dan Ikatan Pemuda Luwu Kabupaten Mimika Masa Bhakti 201-2026

29
6
0